Tautan-tautan Akses

Serangan Udara A.S. Tewaskan Enam Anggota al-Shabab di Somalia    


Anggota kelompok militan Somalia al-Shabab berpatroli dengan berjalan kaki di pinggiran Mogadishu, Somalia, Maret 2012. [Foto:dok]

Militer Amerika mengatakan enam militan al-Shabab tewas dalam serangan udara hari Rabu (13/9) di Somalia selatan, serangan keempat terhadap kelompok militan itu bulan ini saja.

Dalam pernyataan, Komando Afrika militer Amerika, AFRICOM, mengatakan pihaknya melancarkan tiga serangan presisi tinggi terhadap al-Shabab pada sekitar pukul 2.15 pagi 260 kilometer di selatan ibukota, Mogadishu.

Walikota Barawe, Aden Omar Madobe, mengatakan serangan udara terjadi di desa Kunyo Barrow dan menghantam sebuah lokasi milisi al-Shabab.

Belum ada laporan mengenai identitas militan yang tewas. Serangan-serangan udara Amerika sebelumnya telah menewaskan banyak tokoh al-Shabab, termasuk emir kelompok itu, Ahmed Godane, tahun 2014.

Dalam pernyataan AFRICOM mengatakan “Amerika melancarkan operasi ini sesuai parameter yang diberikan presiden Somalia bulan Maret yang memungkinkan pasukan Amerika melancarkan tindakan letal terhadap al-Shabab di area yang sudah ditentukan, dalam mendukung pasukan mitra di Somalia.” [ds]

XS
SM
MD
LG