Tautan-tautan Akses

Al-Shabab Serang Kota Somalia yang Berbatasan dengan Kenya


Lokasi wilayah Beled Hawo dan Mogadishu.

Kelompok militan Somalia al-Shabab melancarkan serangan besar-besaran terhadap sebuah kota penting di Somalia yang berbatasan dengan Kenya, Senin pagi (11/9).

Sejumlah warga setempat mengatakan, serangan itu dimulai dini hari, dan para militan menyerang kota itu dari berbagai arah.

Dua warga kota Beled Hawo mengatakan, militan al-Shabab awalnya menyerang sebuah pangkalan militer yang terletak sekitar enam kilometer dari Timur laut kota itu dengan menggunakan bom mobil bunuh diri yang diikuti serbuan para militan bersenjata. Sejumlah nara sumber mengatakan, para tentara terpaksa mundur dengan memasuki wilayah Kenya.

Seorang mantan pejabat di Beled Hawo mengatakan, serangan kedua menarget sebuah markas polisi di dalam kota itu dengan menggunakan taktik yang sama. Bentrokan senjata hebat berlangsung di markas tersebut.

Menurut sejumlah warga, pasukan Kenya di sebuah pangkalan militer dekat Mandera melepaskan tembakan terhadap militan al-Shabab dalam upaya mencegah mereka melintasi perbatasan. Helikopter-helikopter militer Kenya juga ikut dikerahkan.

Sejumlah warga melaporkan, kelompok militan al-Shabab meninggalkan Beled Hawo setelah serangan militer Kenya tersebut.

Beled Hawao merupakan kota perbatasan penting yang menjadi pintu lintasan orang-orang yang berpergian antara Somalia dan Kenya. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG