Tautan-tautan Akses

Seorang Lulusan SMA Alihkan Beasiswa yang Diterimanya kepada Lulusan Lain


Uang kertas seratus dolar AS terlihat dalam ilustrasi gambar ini, 7 Februari 2011. Seorang siswa SMA yang diterima di Universitas Harvard meminta sekolahnya agar memberikan beasiswa bernilai $40.000 yang diterimanya kepada seseorang. (Foto: Reuters)

Seorang siswa sekolah menengah atas yang diterima di Universitas Harvard meminta sekolahnya agar memberikan beasiswa bernilai $40.000 yang diterimanya, kepada seseorang yang kuliah di community college.

Verda Tetteh adalah siswa berprestasi di sekolah menengah atas Fitchburg High School di Fitchburg, negara bagian Massachusetts. Karena prestasinya pula, ia menerima beasiswa senilai $40.000 untuk studi tingkat sarjana selama empat tahun di perguruan tinggi pilihan. Verda telah diterima di lembaga pendidikan tinggi terkenal, Universitas Harvard.

Pada upacara wisuda di Fitchburg High School pada Jumat minggu lalu, Thomas DiGeronimo, Asisten Kepala Sekolah, mengumumkan penerima beasiswa untuk para wisudawan.

“Pemenang General Excellence Award juga menerima beasiswa George K Progin. Diprakarsai pada tahun 2004, penghargaan ini adalah beasiswa tahunan senilai $10.000 yang diberikan oleh keluarga Progin untuk mengenang George K. Progin, alumnus Fitchburg High School. Penghargaan ini bisa diperpanjang setiap tahun selama menjalani empat tahun pendidikan sarjana. Saya merasa sangat terhormat untuk mengumumkan penerima tahun ini Verda Tetteh dan Zachary Scott," papar Thomas.

Kampus Universitas Harvard terlihat pada 22 April 2020 di Cambridge, Massachusetts. (Foto: AFP)
Kampus Universitas Harvard terlihat pada 22 April 2020 di Cambridge, Massachusetts. (Foto: AFP)

Namun, setelah pengumuman itu Verda Tetteh kembali naik ke atas panggung dan meminta pihak sekolah agar memberikan beasiswa General Excellence Award (sejenis hadiah prestasi unggulan) itu kepada siswa lain yang lebih memerlukan yang akan melanjutkan kuliah di community college.

Community College adalah perguruan tinggi yang menyiapkan para lulusannya melanjutkan jenjang pendidikan sarjana di universitas atau memasuki bursa kerja. Community college umumnya menawarkan pendidikan selama dua tahun, tetapi ada juga yang menawarkan pendidikan selama empat tahun.

Di atas panggung wisuda, Verda Tetteh menyampaikan permintaannya kepada sekolah.

“Saya sangat berterima kasih untuk (hadiah beasiswa) ini. Tetapi saya juga tahu bahwa bukan saya yang paling membutuhkan ini. Menyadari bahwa ibu saya pernah kuliah di community college dan betapa itu sangat membantu, saya akan sangat berterima kasih jika sekolah bersedia mempertimbangkan untuk memberikan beasiswa prestasi unggulan umum ini kepada seseorang yang akan masuk ke community college. Saya tahu (beasiswa) ini adalah suatu kehormatan besar, tetapi saya juga tahu bahwa saya bukan yang paling membutuhkannya," ujar Verda.

Pengumuman yang disampaikan oleh Verda Tetteh itu mendapat sambutan tepuk tangan meriah, seperti dilansir oleh suratkabar Boston Globe.

Tetteh, yang juga menyampaikan pidato pada acara wisuda itu, mengatakan dia terinspirasi oleh keimanannya sebagai penganut agama Kristen dan juga teladan ibunya, yang meraih gelar sarjana dari community college sebagai orang dewasa.

Dia juga mengatakan bahwa dia tersentuh oleh kata-kata asisten kepala sekolah yang berbicara pada upacara wisuda itu tentang perlunya para lulusan tidak mementingkan diri sendiri.

Tetteh berimigrasi dari Ghana ke Amerika Serikat sebagai seorang anak, menurut surat kabar Boston Globe.

Dia mengatakan bahwa dia merasa yakin akan mampu membayar biaya kuliahnya di Universitas Harvard melalui sumber beasiswa lain, termasuk dari kebijakan Harvard untuk menanggung 100% biaya yang diperlukan oleh mahasiswa berprestasi yang benar-benar memerlukan bantuan keuangan.

Kepala SMA Fitchburg Jeremy Roche mengatakan akan bertemu dengan lulusan teladan itu untuk membahas pengalihan beasiswa tersebut kepada lulusan lain dari sekolah itu. [lt/em]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG