Tautan-tautan Akses

Senator, Pemerintahan Biden Bahas Bantuan Virus Corona Putaran Baru


Para legislator dari kaukus Demokrat dan Republik, sependapat dalam menetapkan prioritas untuk mempercepat vaksinasi dan upaya-upaya tes COVID-19 di AS. (Foto: ilustrasi).
Para legislator dari kaukus Demokrat dan Republik, sependapat dalam menetapkan prioritas untuk mempercepat vaksinasi dan upaya-upaya tes COVID-19 di AS. (Foto: ilustrasi).

Sekelompok senator AS hari Minggu (24/1) mengadakan pembicaraan dengan para pejabat pemerintahan presiden Joe Biden mengenai proposal bantuan keuangan terkait pandemi virus corona bernilai 1,9 miliar dolar. Mereka menyatakan berharap akan meloloskan legislasi itu sebelum dimulainya sidang pemakzulan terhadap mantan presiden Donald Trump.

Para legislator, dari kaukus Demokrat dan Republik, menyatakan mereka sependapat prioritas sekarang ini adalah mempercepat vaksinasi dan upaya-upaya tes COVID-19.

Sebagian anggota fraksi Republik mempertanyakan perlunya mengeluarkan paket berdana besar itu sebulan setelah Kongres menyetujui paket bantuan bernilai 900 juta dolar.

Bantuan sebelumnya disepakati setelah perselisihan mengenai banyaknya pembayaran langsung yang dikirim ke keluarga-keluarga Amerika. Resolusi akhirnya adalah pembayaran hingga 600 dolar per orang, dengan jumlah yang berkurang tergantung penghasilannya.

Proposal terbaru mencakup pembayaran 1.400 dolar, dan dalam pembicaraan hari Minggu, para penentangnya berpendapat bantuan itu seharusnya ditujukan bagi mereka yang paling membutuhkannya.

Biden telah menjadikan penanganan pandemi sebagai prioritas utama dalam bulan-bulan awal kepresidenannya. Lebih dari 419 ribu orang di AS telah meninggal karena COVID-19, dengan lebih dari 25 juta orang terjangkit penyakit itu. Senat dijadwalkan memulai sidang pemakzulan Trump pada awal Februari mendatang. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG