Tautan-tautan Akses

AS

Senator Demokrat Tuduh Trump Abaikan Ancaman Rusia


Senator Ben Cardin (Partai Demokrat - Maryland) menuduh Presiden Trump mengabaikan ancaman Rusia.

Sejumlah anggota fraksi Demokrat di Senat hari Rabu (10/1) mengingatkan bahwa operasi Rusia untuk merongrong demokrasi tidak saja terhadap pemilu presiden Amerika, dan menuduh Presiden Donald Trump gagal mengatasi ancaman tersebut.

Senator Ben Cardin mengeluarkan laporan yang dipersiapkan oleh staf anggota komite Partai Demokrat yang menuduh Rusia melakukan serangan secara terus menerus terhadap demokrasi di dalam dan di luar Amerika, dan mendesak diambilnya beragam strategi untuk mengatasi hal itu, dimulai dengan memperbaiki kepemimpinan presiden Amerika sendiri.

“Setelah beberapa serangan, seperti di Pearl Harbor dan 9/11, presiden-presiden Amerika membangkitkan semangat perlawanan bangsanya dan juga dunia untuk menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi. Namun presiden Amerika saat ini hampir tidak menyadari ancaman serangan berulangkali yang dilancarkan Presiden Putin terhadap institusi dan pemerintahan demokratis, apalagi menujukkan kepemimpinan yang diperlukan, untuk mengatasi secara efektif agresi semacam ini," tandas Cardin.

"Belum pernah ada seorang presiden Amerika yang dengan begitu jelas mengabaikan ancaman serius dan peningkatan ancaman terhadap keamanan nasional Amerika,” imbuhnya.

Berdasarkan penelitian selama beberapa bulan dan konsultasi dengan negara-negara lain yang pernah menjadi sasaran Rusia, laporan setebal 206 halaman itu dengan cermat mendokumentasikan beragam piranti dan teknik yang dipergunakan secara luas oleh Rusia di luar perbatasannya. [em/ii]

XS
SM
MD
LG