Tautan-tautan Akses

AS

Senator AS akan Terima Briefing soal Korea Utara


Menteri Pertahanan AS Jim Mattis (kiri) dan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson akan memberikan briefing soal Korut (foto: dok).

Pejabat-pejabat tinggi pemerintahan Trump akan mengadakan briefing rahasia yang langka di Gedung Putih bagi semua anggota Senat Amerika mengenai situasi di Korea Utara.

Menurut pejabat, briefing hari Rabu (26/4) itu akan dilakukan oleh Menteri Pertahanan Jim Mattis, Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, Direktur Intelijen Nasional Dan Coats dan ketua Gabungan Kepala Staf Jenderal Joe Dunford.

Ke 100 senator diminta datang ke Gedung Putih untuk pertemuan itu. Belum diketahui apakah semua senator akan hadir.

Anggota Kongres sering mendapat briefing rahasia di Capitol Hill, tetapi jarang briefing dilakukan Gedung Putih dan seluruh anggota Senat diminta datang.

Briefing itu dilakukan manakala ketegangan meningkat antara Amerika dan Korea Utara.

Secara terpisah hari Senin, dari Gedung Putih, Presiden Amerika Donald Trump menelepon pemimpin Jepang dan China untuk membahas keprihatinan soal Korea Utara.

Ketika bertemu dutabesar Dewan Keamanan PBB di Gedung Putih, Trump hari Senin juga mengatakan, Dewan Keamanan PBB harus siap menerapkan sanksi baru kepada Korea Utara. "Status quo di Korea Utara juga tidak bisa diterima," ujar Trump. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG