Tautan-tautan Akses

AS

AS-China Luncurkan Pembicaraan Empat Putaran


Presiden Amerika Donald Trump saat menerima kunjungan Presiden China Xi Jinping (7/4). Trump akan melawat ke China akhir tahun ini.

Amerika dan China meluncurkan perundingan empat putaran, sementara Presiden Amerika Donald Trump akan melawat ke China akhir tahun ini untuk memperkuat kerjasama dalam mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea.

Dalam pembicaraan telepon dengan Presiden China Xi Jinping hari Minggu (24/5), Presiden Trump mengatakan "menantikan lawatan kenegaraan ke China" menurut pembicaraan yang dirilis Kementerian Luar Negeri China.

Mengoordinasikan upaya membebaskan Semenanjung Korea dari nuklir dan mengatasi ancaman yang timbul dari program rudal dan nuklir Korea Utara, diperkirakan akan menjadi agenda utama dalam lawatan pertama Trump ke China.

Empat putaran pembicaraan itu akan berfokus pada hubungan Amerika-China dibawah pemerintahan Trump.

Putaran pertama Dialog Diplomatik dan Keamanan Amerika-China, yang dipimpin Departemen Luar Negeri Amerika dan Pentagon, akan diadakan di Washington dalam beberapa bulan ke depan.

Lawatan Presiden Trump ke China kemungkinan November nanti, kala menghadiri KTT ASEAN dan KTT Asia Timur di Filipina, bersamaan KTT APEC di Vietnam. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG