Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Siap Kukuhkan Nominasi Kavanaugh Sebagai Hakim Agung


Brett Kavanaugh, saat diambil sumpahnya di hadapan Komite Kehakiman Senat di Capitol Hil, Washington, D.C., untuk memulai kesaksiannya dalam sidang konfirmasi untuk menggantikan posisi Hakim Anthony Kennedy, 4 September 2018. (Foto: dok).

Senat Amerika hari Sabtu (6/10) diperkirakan akan mengukuhkan nominasi Brett Kavanaugh untuk menjadi hakim di Mahkamah Agung, setelah kontroversi selama beberapa minggu ini akibat munculnya tuduhan pelecehan dan serangan seksual.

Peluang Kavanaugh untuk menjabat di pengadilan tertinggi di Amerika itu menguat hari Jumat (5/10) ketika dua senator terkemuka, yaitu Senator Susan Collins dari faksi Republik dan Senator Joe Manchin dari faksi Demokrat, mengatakan akan memilih Kavanaugh dalam nominasi nanti.

Dalam pidato di Senat, Collins mengutip soal kurangnya bukti atas klaim yang dituduhkan terhadap Kavanaugh, dan ia menambahkan bahwa keputusannya seharusnya tidak dipahami sebagai penolakan atas pentingnya klaim serangan seksual. “Setiap orang, laki-laki atau perempuan, yang mengatakan mengalami serangan seksual, patut didengar dan diperlakukan dengan hormat,” tegasnya.

Sementara Manchin dalam cuitannya di Twitter mengatakan ia akan memilih Kavanaugh berdasarkan informasi yang ada padanya, termasuk laporan yang baru diselesaikan FBI. [em]

XS
SM
MD
LG