Tautan-tautan Akses

Selebritas Hollywood Sumbang Dana Demo Pengendalian Senjata


Amal dan George Clooney, 1 February 2016. Mereka menyumbangkan dana dan akan berpartisipasi pada pawai "March for Our Lives" di Washington pada 24 Maret 2018.

George Clooney, Oprah Winfrey, Steven Spielberg dan Jeffrey Katzenberg mengatakan, Selasa (20/2), mereka masing-masing akan menyumbangkan $500 ribu untuk "Pawai untuk Hidup Kita", unjuk rasa mendukung pengendalian penggunaan senjata api yang akan dilaksanakan di Washington.

Aksi ini akan diadakan menyusul penembakan di sebuah sekolah menengah umum di Florida yang menewaskan 17 orang.

Clooney dan istrinya, pengacara hak-hak asasi manusia Amal Clooney, adalah yang pertama kali menyatakan dukungan keuangan. Mereka juga berencana berpawai bersama para pelajar pada 24 Maret.

Para pelajar dari SMU Marjorie Stoneman Douglas di Florida membantu perencanaan pawai tersebut. Pada 14 Februari, seorang mantan siswa SMU Marjorie yang berusia 19 tahun, menyerang para pelajar sekolah itu dengan menggunakan senapan AR-15.

Baca: Pelajar AS akan Gelar Protes kekerasan Senjata Api

"Keluarga kami akan berada di sana pada 24 Maret untuk berdampingan dengan generasi anak muda yang luar biasa dari pelosok negeri. Dan atas nama anak-anak kami, Ella dan Alexander, kami menyumbangkan $500.000 untuk mendanai acara. Hidup anak kami bergantung pada acara ini," kata Clooney dalam pernyataannya.

Di hari yang sama, sutradara Spielberg dan istrinya Kate Capshaw dan Winfrey masing-masing mengatakan akan menambahkan donasi Clooney dengan jumlah yang sama.

"George dan Amal, saya setuju dengan anda. Saya bergabung dengan anda dan akan menambah donasi anda senilai $500.000 untuk "Pawai untuk Hidup Kita.' Anak-anak muda yang sangat menginspirasi ini mengingatkan saya pada 'Freedom Riders' pada 1960an, yang juga meneriakkan kami sudah muak dan suara kami akan didengar," kata Winfrey dalam cuitan di TWitter.

Baca: Trump Rekomendasikan Larangan Aksesori Senjata Mematikan

Belum jelas apakah pasangan Spielberg dan Winfrey akan menghadiri pawai tersebut. Namun produser film Katzenberg, dan istrinya Marilyn, juga mengatakan mereka akan menambah sumbangan senilai $500 ribu dan ikut berpawai ke Washington.

Pawai untuk Hidup Kami adalah satu dari sekian banyak pawai yang diselenggarakan oleh para pelajar di pelosok Amerika untuk mendukung kontrol penggunaan senjata yang lebih ketat dan menantang para politisi yang menurut mereka telah gagal memberikan perlindungan.

Bus-bus penuh dengan para pelajar Florida menuju ibu kota negara bagian Florida, Tallahassee, pada Selasa, untuk menuntut pelarangan penggunaan senjata serbu.

Selebriti lain yang mendukung gerakan ini antara lain Justin Bieber, Lady Gaga dan Cher. [fw/au]

XS
SM
MD
LG