Tautan-tautan Akses

AS

Trump Rekomendasikan Larangan Aksesori Senjata Mematikan


Presiden Donald Trump berbicara dalam acara pemberian penghargaan keselamatan publik yang berlangsung di Gedung Putih, 20 Februari 2018, di Washington.

Presiden Donald Trump secara resmi merekomendasikan larangan penggunaan aksesori yang mengubah senjata api menjadi senjata yang bisa memakan lebih banyak korban jiwa. Rekomendasi ini adalah upaya pemerintah Amerika Serikat untuk memperketat peraturan penggunaan senjata api.

Gedung Putih juga mengusulkan pembatasan usia untuk senapan semi otomatis, jenis senjata api yang paling populer di negara ini. Pemerintah menyatakan terbuka untuk pemeriksaan latar belakang universal bagi pemilik senjata.

Baca: Para Pelajar Kecam Politisi Atas Penembakan Sekolah

"Beberapa saat yang lalu, saya menandatangani sebuah memorandum yang mengarahkan Jaksa Agung untuk mengusulkan peraturan yang melarang semua perangkat yang mengubah senjata legal menjadi senapan mesin," kata Trump pada Selasa (20/2). Dia menambahkan bahwa peraturan tersebut akan diselesaikan "segera."

Presiden membuat pengumuman dari Gedung Putih dalam acara penyerahan Medali Penghargaan Keselamatan Publik untuk penegak hukum.

Larangan itu termasuk penggunaan ‘bump stock’, aksesori yang membuat senapan semi otomatis berfungsi seperti senapan otomatis. Bump stock digunakan oleh pelaku penembakan di Las Vegas pada Oktober tahun lalu, yang menewaskan 58 orang dan melukai 851 lainnya. [as/al]

XS
SM
MD
LG