Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Tiba di jalur Gaza Untuk Nyatakan Solidaritas Dengan Rakyat Palestina


Ban Ki-moon menghimbau Israel dan Palestina berhenti lakukan upaya yang lemahkan proses perdamaian.

Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon tiba di Gaza pada hari kedua kunjungannya di Timur Tengah, dimana ia menghimbau Israel dan Palestina agar berhenti melakukan upaya yang melemahkan proses perdamaian.

Ban hari Minggu disambut sekelompok kecil warga Palestina yang melambaikan bendera seraya ia melewati perbatasan Erez yang menghubungkan Israel dengan daerah pantai itu.

Hari Sabtu, Ban mengatakan kepada wartawan di Tepi Barat bahwa ia berkunjung ke Gaza untuk menyatakan solidaritas dengan warga Palestina.

Ini adalah kunjungan kedua Ban ke Jalur Gaza sejak perang Gaza selama tiga minggu yang dimulai akhir 2008. Sekitar 1,300 warga Palestina dan 13 warga Israel tewas dalam konflik itu.

Ban juga bertemu para pemimpin Palestina dan Israel hari Sabtu pada awa kunjungan dua harinya disana.

Sekjen PBB itu pertama bertemu Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad disebuah bukit diluar Ramallah dimana mereka memandang permukiman Yahudi yang luas dengan batas-batas Israel. Setelah itu, Ban mengatakan permukiman Israel di kawasan pendudukan adalah tidak sah, dan rencana apapun untuk memperluas kawasan itu harus dihentikan.



XS
SM
MD
LG