Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Puji Lintasan Penyeberangan Pakistan-India sebagai ‘Koridor Harapan’


Sekjen PBB Antonio Guterres berpose di depan kuil Sikh Gurdwara Darbar Sahib yang berada di Kartarpur, Pakistan hari Rabu (18/2). (Courtesy @antonioguterres)

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres memuji pembangunan lintasan perbatasan Pakistan-India sebagai “simbol kerukunan antaragama.” Lintasan itu berupa sebuah jalur darat yang baru-baru ini dibuka bagi umat Sikh dari India untuk melakukan ibadah dengan bebas visa ke salah satu situs tersuci mereka di Pakistan.

Hari Selasa Guterres melakukan perjalanan ke tempat yang disebut Koridor Kartarpur dan mengunjungi kompleks pualam luas yang baru dibangun dan menampung kuil Sikh, yang dikenal sebagai Gurdwara Darbar Sahib.

Dalam cuitan pasca-perjalanan itu, Sekjen PBB itu mengatakan bahwa dia merasa terhormat untuk mengunjungi apa yang disebutnya sebagai “koridor harapan, yang menghubungkan dua situs ziarah utama Sikh.”

Gurdwara atau kuil itu diyakini telah dibangun di atas kompleks tempat pendiri agama Sikh, Guru Nanak, hidup dan meninggal pada abad ke-16.

Koridor Kartarpur sepanjang 4,1 kilometer itu menghubungkan kuil tersebut dengan kuil Dera Baba Nana di kota perbatasan barat laut Gurdaspur di wilayah India.

Islamabad membuka fasilitas itu November lalu, sehingga memungkinkan umat Sikh India untuk mengunjungi kuil di Kartarpur untuk pertama kalinya sejak 1947 ketika India dibagi menjadi dua negara merdeka: India dan Pakistan. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG