Tautan-tautan Akses

Pakistan Siap Buka Perbatasan Penyebrangan Baru Bagi Peziarah Sikh-India


Para peziarah Sikh berdoa sambil melihat ke arah Gurdwara Kartapur Sahib yang berlokasi di wilayah Pakistan, di Dera Baba Nanak, 50 km dari Amritsar, 24 Oktober 2019.

Pakistan, Sabtu (9/11), akan membuka sebuah perbatasan baru yang memberi kesempatan pada jemaat Sikh-India untuk datang kapan saja ke salah satu tempat paling suci di Pakistan, dengan menggunakan akses bebas visa.

Kuil atau gurdwara di Kota Kartarpur, di Provinsi Punjab, terletak sekitar empat kilometer dari perbatasan dengan India. Kuil itu dibangun di lokasi di mana pendiri ajaran Sikh, Guru Nanak, meninggal pada abad ke-16.

India dan Pakistan bulan lalu telah menandatangani perjanjian untuk memfasilitas warga India yang ingin mengunjungi kuil yang dikenal sebagai Gurdwara Darbar Sahib Kartarpur itu.

Sedikitnya lima ribu peziarah Sikh dari India datang ke kuil itu setiap hari, umumnya mereka tiba pada pagi hari dan pulang pada malam hari.

Kerja sama yang sangat jarang diantara dua negara pemilik senjata nuklir itu berlangsung di tengah kemunduran tajam hubungan mereka karena tindakan-tindakan India di Kashmir, suatu wilayah yang disengketakan kedua negara.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan akan melakukan perjalanan ke kota di perbatasan untuk meresmikan penyebrangan dan koridor baru itu. Pembukaan perbatasan itu bertepatan dengan peringatan ulang tahun Guru Nanak yang ke-550 pada 12 November mendatang. Pejabat-pejabat senior pemerintah dan diplomat asing yang berkantor di Pakistan akan ikut menghadiri upacara peresmian perbatasan itu.

Sementara itu juru bicara Kementerian Luar Negeri India Raveesh Kumar dalam konferensi pers di New Delhi mengatakan delegasi sekitar 600 tokoh terkemuka, termasuk beberapa mantan perdana menteri, akan datang ke Pakistan untuk mengikuti upacara peresmian perbatasan itu. [em/pp]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG