Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Desak 'Persatuan dan Solidaritas' dalam Mengatasi Covid-19


Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (Foto: dok).

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Kamis (28/5) menyerukan "persatuan dan solidaritas" dalam menghadapi pandemi ini, ketika ia membuka pertemuan puncak PBB yang bertujuan mendukung negara-negara berkembang yang terkena dampak krisis global.

Guterres mendesak semua kepala negara dan para pemimpin organisasi internasional untuk bekerja sama, dan menambahkan "aspek penting dari solidaritas adalah dukungan finansial."

"Menghadapi Covid-19 dan pemulihan yang lebih baik akan membutuhkan dana, tetapi alternatifnya akan jauh lebih mahal," kata Guterres.

Perdana Menteri Kanada dan Jamaika menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi untuk mengatasi masalah keuangan yang penting guna mengatasi kehancuran ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19.

Menurut Universitas Johns Hopkins, pandemi global telah membuat lebih dari 5.7 juta orang jatuh sakit dan menewaskan lebih dari 356.000 orang di seluruh dunia, , meskipun angka-angka ini hanya mencerminkan kasus yang dikonfirmasi dan dilaporkan oleh pemerintah.

Jumlah aktual infeksi diperkirakan jauh lebih tinggi karena banyak orang belum dites, dan penelitian menunjukkan orang bisa terinfeksi virus tanpa jatuh sakit. [my/jm]

XS
SM
MD
LG