Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Bertekad Menegakkan Gencatan Senjata di Sahara Barat


Kendaraan yang membawa tentara Front Polisario dengan dilengkapi senjata anti pesawat udara di Bir Lahlou, Sahara Barat, 9 September 2016.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meningkatkan upaya untuk membuat Maroko dan pendukung pro-kemerdekaan di Sahara Barat yang disengketakan agar menahan diri dari gejolak baru pertempuran. Ia memperingatkan, bentrokan itu bisa membatalkan gencatan senjata yang sudah berjalan selama hampir 30 tahun.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan, Jumat (13/11), bahwa dalam beberapa hari ini, Sekjen PBB Antonio Guterres dan pejabat PBB lainnya gencar melakukan pembicaraan via telepon dan terlibat "berbagai inisiatif untuk menghindari eskalasi" - sejauh ini tidak berhasil.

Namun, Dujarric mengatakan Sekjen "tetap berkomitmen melakukan yang terbaik untuk menghindari runtuhnya gencatan senjata."

Gencatan senjata di Jalur Penyangga di wilayah Guerguerat itu telah diberlakukan sejak 6 September 1991. Sekjen PBB, kata Dujarric, bertekad melakukan segala upaya untuk menepiskan semua hambatan bagi dimulainya kembali proses politik. [ka/pp]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG