Tautan-tautan Akses

Sejumlah Senator Promosikan Rencana Partisan bagi Migran di Perbatasan AS-Meksiko


Chuck Schumer, Senator AS dari negara bagian New York (foto: dok).
Chuck Schumer, Senator AS dari negara bagian New York (foto: dok).

Ketika reformasi imigrasi Amerika kembali gagal di DPR, sejumlah senator hari Rabu (27/6) mempromosikan rencana partisan (kedua fraksi.red) untuk mengatasi nasib keluarga-keluarga tanpa dokumen keimigrasian yang ditahan di perbatasan Amerika-Meksiko.

Senator-senator fraksi Demokrat mengusulkan “The Central American Reform and Relief Act” yang memiliki multi aspek untuk mengurangi tekanan di sepanjang perbatasan selatan Amerika dengan menumpas kekerasan dan pelanggaran hukum di negara-negara seperti El Salvador, Honduras dan Guatemala.

RUU itu akan meningkatkan jumlah sumber daya Amerika untuk memberantas kartel-kartel narkoba di Amerika Tengah, memperkuat hukuman pidana federal bagi pedagang dan penyelundup, memulihkan jumlah bantuan Amerika bagi kawasan ini, dan menambah jumlah pegawai di kedutaan dan konsulat Amerika untuk memproses klaim suaka.

“Jika warga Amerika Tengah dapat mengajukan suaka disana, ini jauh lebih baik bagi mereka dan jauh lebih lebih baik bagi kita,” ujar pemimpin minoritas dari faksi Demokrat di DPR, yang juga senator dari negara bagian New York, Chuck Schummer.

“Kita perlu mengatasi akar penyebab yang memicu keluarga-keluarga ini melarikan diri dari Amerika Tengah menuju ke perbatasan selatan kita,” tambahnya.

Sejumlah elemen usulan itu dibuat mengikuti “Colombia Plan” yang meningkatkan bantuan Amerika ke Kolombia mulai tahun 2000 untuk membantu mengakhiri perang saudara di sana dan memberantas perdagangan narkoba. [em/al]

XS
SM
MD
LG