Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 40 Narapidana Tewas di 4 Penjara di Brasil Utara


Polisi menjaga ketat pintu masuk kompleks penjara Anisio Jobim, setelah kerusuhan mematikan meletus di antara tahanan di Manaus di negara bagian utara Amazonas, Brasil, Minggu, 26 Mei 2019. (Foto: dok).

Pihak berwenang Brasil mengatakan, sedikitnya 40 narapidana tewas di empat penjara di negara bagian Amazona, Brasil utara, Senin (28/5), dalam apa yang tampaknya merupakan kekerasan antar-geng.

Keempat penjara itu berada di ibukota negara bagian Manaus, di mana 15 tahanan tewas di penjara kelima, dalam perkelahian antara geng-geng penjara yang bersaing. Pihak berwenang mengatakan semua korban dalam pembunuhan hari Senin itu tampaknya mengalami sesak napas karena cekikan.

Gubernur Amazona Wilson Lima mengatakan Menteri Kehakiman Serigio Moro mengirimkan “tim intervensi penjara” untuk membantu negara bagian itu pada saat krisis ini.”

Kekerasan adalah kejadian umum di penjara-penjara Brasil yang terkenal penuh sesak, terutama di antara geng-geng narkoba yang saling bersaing. Lebih dari 100 tahanan dibantai secara brutal dalam kekerasan geng di penjara yang berlangsung selama beberapa minggu di seluruh Brasil utara pada awal 2017. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG