Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 4 Tewas dalam Serangan di Gereja Mesir


Polisi memeriksa lokasi serangan terhadap sebuah gereja di distrik Helwan di selatan Kairo, Mesir, 29 Desember 2017.

Seorang pria bersenjata yang melepaskan tembakan di luar sebuah gereja di selatan Kairo telah menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai lima lainnya. Sedikitnya satu dari korban tewas adalah seorang anggota polisi.

Pihak berwenang Mesir mengatakan penyerang tersebut tewas dalam baku tembak hari Jumat (28/12) di Gereja Mary Mina, gereja Kristen Koptik, di distrik Helwan.

Para pejabat mengatakan mereka mencari kemungkinan adanya orang bersenjata kedua. Rincian tentang serangan itu masih dikumpulkan. Sejauh ini belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Tetapi kelompok Negara Islam (ISIS) telah membunuh puluhan orang Kristen dalam penembakan dan pemboman di gereja dalam satu tahun terakhir.

Distrik Helwan, Kairo.
Distrik Helwan, Kairo.

Dua puluh delapan orang terbunuh pada bulan Mei, 2017 ketika militan melepaskan tembakan ke sebuah bus yang membawa orang-orang Kristen Koptik yang sedang menuju biara Santo Samuel di kota Maghagha di Mesir selatan.

Pada bulan April, 2017, dua gereja diserang oleh pelaku bom bunuh diri di Alexandria, sebuah kota pesisir, dan di kota Tanta di Delta Nil. Serangan tersebut, yang dilakukan pada kebaktian Minggu Palma, menewaskan sedikitnya 43 orang dan puluhan lainnya terluka.

Pemboman di sebuah kapel di sebelah katedral utama Kristen Koptik Mesir di Kairo menewaskan 30 orang pada bulan Desember 2016. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG