Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 12 Orang Tewas dalam Protes di Seluruh Iran 


Aksi protes oleh para mahasiswa di Teheran, Iran, hari Sabtu (30/12).

Protes di seluruh Iran telah menjatuhkan korban paling banyak tadi malam ketika “pemrotes bersenjata” berusaha merebut pangkalan-pangkalan militer dan kantor-kantor polisi sebelum pasukan keamanan memukul mundur mereka, dan menjadikan jumlah korban jiwa akibat kerusuhan itu paling sedikit 12 orang, kata laporan televisi pemerintah hari Senin (1/1).

Demonstrasi tersebut, aksi protes terbesar yang melanda Iran sejak pemilihan presiden tahun 2009 yang disengketakan, mulai berlangsung hari Kamis di Mashhad karena masalah ekonomi dan sejak itu telah meluas ke beberapa kota, dan sebagian pemrotes meneriakkan semboyan anti-pemerintah dan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei. Ratusan orang telah ditangkap.

Televisi pemerintah Iran menayangkan gambar-gambar bank swasta yang diobrak-abrik, jendela yang pecah, mobil-mobil yang terbalik dan truk pemadam kebakaran yang datang telah dibakar. Laporan itu mengatakan bahwa bentrokan Minggu malam menewaskan 10 orang.

“Berapa pemrotes bersenjata berusaha mengambil-alih beberapa kantor polisi dan pangkalan militer tetapi menghadapi perlawanan kuat dari pasukan keamanan,” kata laporan televisi pemerintah. Laporan tersebut tidak mengatakan di mana serangan terjadi.

Kemudian hari Senin, televisi pemerintah mengatakan bentrokan menewaskan 6 orang di kota Tuyserkan, 295 kilometer sebelah barat-daya Teheran. Laporan itu mengatakan bentrokan di kota Shahinshahr, 315 kilomter sebelah selatan Teheran, menewaskan 3 orang lagi. Laporan tersebut tidak mengatakan di mana orang yang ke-10 tewas.

Sebelumnya hari Senin, kantor berita setengah resmi ILNA mengutip Hedayatollah Khademi, seorang wakil kota Izeh, mengatakan bahwa dua orang tewas di sana hari Minggu (31/12) malam.

Ia mengatakan penyebab kematian belum diketahui, walaupun pihak berwenang kemudian menyebut satu dari kematian itu akibat sengketa pribadi. Banyak orang di Izeh, kira-kira 455 kilometer sebelah barat-daya Teheran, mempunyai senapan berburu dalam rumah mereka.

Dua orang pemrotes juga tewas dalam bentrokan Sabtu malam di Doroud, kira-kira 325 kilometer sebelah barat-daya Teheran di provinsi Lorestan, kata pihak berwenang sebelumnya. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG