Tautan-tautan Akses

Sebuah Video Klaim Tampilkan Pemimpin ISIS Al-Baghdadi


Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, dalam video yang diunggah media kelompok itu, al-Furqan, 29 April 2019. (Al-Furqan media via AP)

ISIS mengeluarkan video baru yang memperlihatkan pemimpinnya yang selama ini bersembunyi menyampaikan pesan kepada para pengikutnya, dan mendesak mereka untuk membalas dendam atas jatuhnya kekhalifahan di Irak dan Suriah yang dideklarasikan sendiri oleh kelompok teror itu.

Video berdurasi lebih dari 18 menit yang diunggah di Internet oleh al-Furqan, divisi media milik ISIS, itu dilaporkan memperlihatkan Abu Bakar al-Baghdadi.

Pria itu terlihat berbicara dengan anggota ISIS lainnya, yang wajahnya kabur atau ditutupi dengan topeng, mengakui jatuhnya wilayah ISIS baru-baru ini di Baghuz, Suriah, dan memuji serangan teror pada hari Minggu Paskah di Sri Lanka yang menewaskan lebih dari 250 orang.

Para pejabat pemerintah Amerika mengatakan mereka tidak dapat segera mengukuhkan bahwa pria dalam video tersebut sebenarnya adalah pemimpin ISIS itu. Jika pengakuan itu bisa dikukuhkan, maka video itu akan menjadi yang pertama yang menunjukkan Baghdadi dalam hampir lima tahun.

Baghdadi juga memuji pengikut ISIS “di provinsi-provinsi” karena membalas dendam, dan mengklaim bahwa para pengikutnya telah melakukan hampir 300 operasi di delapan negara, sebelum melaksanakan serangan teror hari Minggu Paskah di Sri Lanka. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG