Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Tewaskan Wakil Pemimpin ISIS di Somalia


Para anggota kelompok militan Al-Shabab di Somalia (foto: ilustrasi). ISIS di Somalia dipimpin oleh Syekh Abdulkadir Mumin, mantan ilmuwan Al Shabab.

Seorang menteri Somalia mengatakan kepada VOA, wakil pemimpin ISIS di Somalia tewas dalam serangan udara.

Menteri Keamanan di Kawasan Puntland Abdisamad Mohamed Gallan mengatakan serangan udara yang menewaskan Abdihakim Mohamed Ibrahim, atau dikenal sebagai Dhoqob, itu terjadi hari Minggu (14/4) di antara desa Hol Anon dan Hiriro.

Galland mengatakan serangan udara itu menghantam kendaraan yang ditumpangi Dhoqob dan seorang penumpang lainnya. Kedua orang itu tewas seketika, tetapi penumpang lain itu belum dapat diidentifikasi.

“Kendaraan itu terbakar,” ujar seorang saksi mata yang enggan disebut namanya.

ISIS di Somalia dipimpin oleh Syekh Abdulkadir Mumin, mantan ilmuwan Al Shabab. Ia membelot dari kelompok itu pada Oktober 2015 dan mengucapkan sumpah setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi.

Dhoqob adalah tangan kanan Mumin dan telah beberapa kali tampil dalam video yang diproduksi kelompok itu. Mumin selamat dalam serangan udara lainnya di tempat persembunyiannya di pegunungan di kawasan Bari, November 2017 lalu. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG