Tautan-tautan Akses

Sekutu Pemimpin ISIS Masuk Daftar Hitam Teror AS


Gambar dari situs web militan pada Juli 2014 menunjukkan pemimpin ISIS Aby Bakr al-Baghdadi di sebuah masjid di Irak.
Gambar dari situs web militan pada Juli 2014 menunjukkan pemimpin ISIS Aby Bakr al-Baghdadi di sebuah masjid di Irak.

Haji Abd al-Nasir, seorang warga Irak yang berperan sebagai pemimpin militer senior ISIS di Suriah, dan orang kepercayaan dari Abu Bakr al-Baghdadi, telah digolongkan sebagai teroris global oleh Amerika Serikat, Departemen Luar Negeri Amerika mengumumkan, Selasa (20/11).

Al-Nasir, juga dikenal sebagai Taha al-Khuwayt, lahir antara 1965 dan 1969 di Tal Afar, Irak utara. Dia memegang beberapa jabatan kepemimpinan di ISIS selama lima tahun terakhir, termasuk bekerja sebagai pemimpin di Suriah dan ketua dari Komite yang didelegasikan dari ISIS.

Komite yang Didelegasikan adalah sebuah dewan yang melapor kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. Komite ini bertanggung jawab merencanakan dan mengeluarkan perintah tentang operasi militer ISIS, serta punya kendali administratif seperti pengumpulan pajak, polisi keagamaan, serta operasi komersial dan keamanan.

Koordinator untuk Kontra Terorisme Departemen Luar Negeri Amerika, Nathan Sales dalam pernyataannya menyebut penggolongan ini sebagai langkah lainnya untuk memastikan kekalahan ISIS. [jm]

XS
SM
MD
LG