Tautan-tautan Akses

AS

Sebagian Kebakaran Besar di AS Tidak Terkendali


Foto yang dipublikasikan Departemen Kehutanan Oregon menunjukkan sebuah kapal tanker pemadam kebakaran melakukan penurunan di atas Grandview Fire dekat Sisters, Ore., Minggu, 11 Juli 2021.(Foto: AP)

Petugas pemadam kebakaran bergegas menguasai api di Oregon tenggara yang menyebar berkilo-kilometer sehari dalam kondisi berangin, sementara kebakaran hutan di seluruh bagian Barat Amerika Serikat membuat mereka kewalahan.

Luas kebakaran yang disebut Bootleg Fire kini hampir 1000 km2, lebih besar dari wilayah Kota New York. Sebagian besar api tidak terkendali.

Pihak berwenang mengatakan api menghancurkan 67 rumah dan 117 bangunan Kamis (15/7) malam hingga Jumat (16/7) dan mengancam 5.000 rumah dan bangunan lain yang lebih kecil. Sebanyak 2.000 orang terpaksa mengungsi.

70 Kebakaran besar aktif dan beberapa kompleks kebakaran telah menghanguskan hampir 4300 km2 di Amerika, kata Pusat Pemadam Kebakaran Antarlembaga Nasional.

Kondisi yang sangat kering dan gelombang panas terkait dengan perubahan iklim telah melanda wilayah itu, membuat kebakaran hutan lebih sulit dikendalikan. Perubahan iklim membuat pantai Barat Amerika jauh lebih panas dan kering dalam 30 tahun ini dan akan terus membuat cuaca lebih ekstrem dan menyebabkan kebakaran hutan lebih sering dan merusak. [ka/ah]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG