Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran Hutan Terus Membesar di Wilayah Barat AS 


Para pemadam kebakaran tiba di Frenchman Lake untuk memadamkan kebakaran hutan di hutan nasional Plumas National Forest, California, 8 Juli 2021.

Petugas pemadam kebakaran bekerja dalam suhu ekstrem di seluruh wilayah barat AS dan berjuang untuk menahan kebakaran hutan, kebakaran terbesar di California dan Oregon, sementara gelombang panas lain membakar wilayah itu, dan mengganggu jaringan listrik.

Kebakaran hutan terbesar tahun ini di California – Kompleks Beckwourth – berkobar di sepanjang garis perbatasan dengan negara bagian Nevada dan telah membakar area seluas 362 kilometer persegi pada Senin (12/7) pagi dan perusahaan listrik di negara bagian itu meminta konsumen agar secara sukarela “menghemat listrik sebanyak mungkin” untuk menghindari pemadaman.

Di Oregon, Bootleg Fire membakar area hingga 621 kilometer persegi ketika api melewati kayu-kayu besar di Hutan Nasional Fremont-Winema, dekat kota Sprague River di Klamath County (daerah setingkat kabupaten). Kebakaran tersebut mengganggu layanan pada tiga saluran transmisi yang menyediakan hingga 5.500 megawatt listrik ke negara bagian tetangga, California.

Kebakaran hutan di wilayah tenggara negara bagian Washington meluas hampir 155 kilometer persegi, sementara di negara bagian Idaho, Gubernur Brad Little telah memobilisasi Garda Nasional untuk membantu memerangi kebakaran yang dipicu badai petir yang menyapu wilayah yang dilanda kekeringan.

Kebakaran ini terjadi sementara wilayah barat Amerika berada di tengah gelombang panas ekstrem kedua hanya dalam beberapa minggu dan karena seluruh wilayah itu mengalami salah satu kekeringan terburuk dalam sejarah baru-baru ini. Peringatan panas ekstrem di California akhirnya berakhir pada Senin (12/7) malam.

Pada Minggu (11/7), petugas pemadam kebakaran yang bekerja dengan suhu udara yang mencapai 38 Celcius berhasil menguasai sebagian api di Kompleks Beckwourth, dengan memadamkan hingga 23 persen wilayah kebakaran.

Sabtu (10/7) malam, api berkobar di sisi jalan raya US-395, yang kemudian ditutup di dekat kota kecil Doyle di Lassen County, California. Jalan itu dibuka kembali Minggu, dan para pejabat mendesak para pengemudi kendaraan agar berhati-hati dan terus bergerak di sepanjang rute utama utara-selatan di mana api masih aktif.

“Jangan berhenti dan mengambil foto,” kata Kepala Seksi Operasi kebakaran Jake Cagle. “Anda akan menghalangi operasi kami jika Anda berhenti dan melihat apa yang terjadi.” Cagle mengatakan beberapa bangunan telah terbakar di Doyle, tetapi dia tidak memiliki data mengenai jumlah pastinya.

Bob Prary, yang mengelola Buck-Inn Bar di kota berpenduduk sekitar 600 orang itu, mengatakan dia melihat sedikitnya enam rumah hangus setelah api mengamuk pada Sabtu (10/7). Api membara pada Minggu (11/7) di Doyle dan sekitarnya, dan dia khawatir beberapa properti peternakan terpencil masih dalam bahaya.

“Sepertinya yang terburuk sudah berakhir di kota, tetapi di lereng gunung api masih menyala,” kata Prary.

Kebakaran baru terjadi pada Minggu (11/7) sore di Sierra Nevada di selatan Taman Nasional Yosemite dan pada malam hari telah menghanguskan area lebih dari 15,5 kilometer persegi, memicu evakuasi di wilayah dua county (daerah setingkat kabupaten). Petugas pemadam hanya berhasil memadamkan 5 persen area kebakaran itu, tetapi jalan raya menuju pintu masuk selatan taman tetap buka pada Senin (12/7) pagi.

Di Arizona, pesawat kecil jatuh pada Sabtu (10/7) dalam survei kebakaran hutan di pedesaan Mohave County, menewaskan pilot dan seorang penumpangnya. Pesawat Beech C-90 itu dipakai untuk melakukan pengamatan lewat udara terhadap kebakaran di Cedar Basin yang disebabkan petir, di dekat perkampungan kecil Wikieup di barat laut kota Phoenix.

Para pejabat Minggu mengidentifikasi kedua korban sebagai Pengawas Grup Taktis Udara Jeff Piechura, 62, pensiunan kepala pemadam kebakaran daerah Tucson yang bekerja untuk Hutan Nasional Coronado, dan Matthew Miller, 48, pilot dari Falcon Executive Aviation yang dikontrak Dinas Kehutanan AS.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional sedang menyelidiki kecelakaan itu. [lt/ka]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG