Tautan-tautan Akses

Pemadaman Kebakaran Hutan di AS Terhambat Kekurangan BBM


Pesawat pemadam kebakaran menebarkan zat pemadam api untuk memadamkan api kebakaran hutan di dekat Sisters, Oregon, Minggu 11 Juli 2021.
Pesawat pemadam kebakaran menebarkan zat pemadam api untuk memadamkan api kebakaran hutan di dekat Sisters, Oregon, Minggu 11 Juli 2021.

Para pejabat bandara yang menghadapi kekurangan bahan bakar untuk pesawat atau avtur khawatir mereka terpaksa harus menghentikan operasi pesawat dan helikopter yang menjatuhkan bahan pemadam api dalam musim kebakaran ganas, yang berpotensi membahayakan masyarakat di sekitar lokasi-lokasi kebakaran.

Kekurangan bahan bakar secara sporadis dilaporkan di beberapa pangkalan BBM di Oregon dan Utah. Yang mengkhawatirkan adalah banyak pangkalan kehabisan BBM secara bersamaan dalam musim kebakaran yang sangat sibuk di wilayah barat Amerika. Pangkalan-pangkalan BBM di Arizona, di mana terjadi banyak kebakaran besar, juga memiliki masalah pasokan avtur pada bulan lalu.

“Kami belum pernah mengalami ini sebelumnya,” kata Jessica Gardetto, juru bicara National Interagency Fire Center di Boise, Idaho, dan mantan petugas pemadam kebakaran hutan.

“Ini keadaan yang menakutkan, dengan semua kekurangan yang terjadi sekarang.”

Tidak jelas apakah pasokan avtur dan sistem pengiriman dapat ditingkatkan tepat waktu pada musim kebakaran ini untuk menghindari potensi masalah untuk mengoperasikan pesawat pemadam kebakaran jika beberapa kebakaran besar terjadi di wilayah barat Amerika itu.

Para pejabat bandara, perusahaan-perusahaan pemasok penerbangan, dan perusahaan-perusahaan transportasi avtur mengatakan permintaan avtur menurun tajam dan rantai pasokan mengalami stagnasi selama pandemi virus corona. Permintaan akan bahan bakar pesawat belum bangkit kembali di wilayah barat AS bahkan selagi ekonomi berkembang pesat dan lebih banyak penumpang berduyun-duyun ke bandara untuk melakukan perjalanan yang selama ini tertunda.

Menurut Badan Informasi Energi AS, avtur yang dipasok di AS pada 2020 turun 38 persen dibandingkan dengan tingkat pra-pandemi 2019. Permintaan avtur meningkat sekitar 26 persensejak awal tahun ini, meski belum mencapai level 2019. [lt/ka]

XS
SM
MD
LG