Tautan-tautan Akses

Saudi Akan Buka Kembali Kedutaan di Qatar


Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, kanan, mendengarkan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud berbicara dalam pertemuan mereka di Departemen Luar Negeri, 14 Oktober 2020, di Washington. (Foto: AFP)

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Sabtu (16/1), mengatakan pihaknya berharap untuk membuka kembali kedutaan besarnya di Qatar dalam beberapa hari mendatang. Negara-negara Arab telah terlibat dalam pertikaian selama tiga tahun belakangan.

Ini hanya masalah logistik, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan mengatakan kepada wartawan di Riyadh ketika ditanya tentang pembukaan kembali kedutaan besarnya.

Hubungan diplomatik secara penuh akan dilanjutkan, tambahnya.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir, sebagaimana dilansir dari Reuters, memberlakukan embargo diplomatik, perdagangan, dan perjalanan di Qatar pada pertengahan 2017 karena tuduhan mendukung terorisme. Qatar membantahnya dan mengatakan embargo itu dimaksudkan untuk merusak kedaulatannya.

Riyadh pada 5 Januari mengumumkan kesepakatan yang didukung AS untuk mengakhiri perselisihan dengan Doha, untuk mencoba memperkuat aliansi Arab melawan Iran.

Negara-negara tersebut telah membuka ruang udara mereka satu sama lain dan beberapa penerbangan telah dilanjutkan. [ah]

XS
SM
MD
LG