Tautan-tautan Akses

Emir Qatar Tiba di Arab Saudi


Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menyambut Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani setibanya di Al-Ula, Arab Saudi, 5 Januari 2021. (Bandar Algaloud / Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS)

Emir yang berkuasa di Qatar, Selasa (5/1) tiba di Arab Saudi untuk mengikuti KTT para pemimpin negara-negara Teluk, menyusul pengumuman bahwa Arab Saudi mencabut embargo bertahun-tahunnya terhadap Qatar.

Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman menyambut Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di bandara di kota Al-Ula, Saudi.

Kedua pihak diperkirakan akan menandatangani perjanjian pembukaan perbatasan udara, darat dan laut pada KTT Dewan Kerja Sama Teluk. Raja Salman dari Arab Saudi dijadwalkan memimpin pertemuan tersebut.

Sengketa diplomatik dimulai pada tahun 2017 sewaktu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik, perdagangan dan perjalanan dengan Qatar. Keempat negara itu menuduh Qatar mendukung terorisme, tuduhan yang dibantah Doha.

Kuwait dan AS berusaha mengakhiri sengketa tersebut, yang menurut Washington menghambat upaya-upaya mengekang Iran.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner, bersama-sama dengan utusan Timur Tengah Avi Berkowitz dan penasihat khusus Departemen Luar Negeri AS Brian Hook, dijadwalkan menghadiri upacara penandatanganan di Arab Saudi pada hari Selasa (5/1), kata seorang pejabat pemerintah senior Trump. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG