Tautan-tautan Akses

AS

San Francisco, 6 Wilayah di California Ditutup


Para pengunjung di LA Live di pusat Kota Los Angeles, California, 15 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Tujuh juta warga California yang tinggal di dan sekitar San Francisco diperintahkan untuk tinggal di rumah. Ini adalah langkah paling drastis yang dilakukan sejauh ini untuk menghentikan penyebaran virus corona.

"Kami tahu langkah-langkah ini secara signifikan akan mengganggu kehidupan warga sehari-haritetapimutlak diperlukan," kata Wali Kota San Francisco London Breed, Senin (16/3).

"Ini akan menjadi momen yang menentukan bagi kota kita dan kita semua bertanggung jawab untuk melakukan bagian kita untuk melindungi tetangga kita dan memperlambat penyebaran virus ini dengan tinggal di rumah kecuali sangat mendesak untuk ke luar," kata Breed.

Perintah itu tidak hanya berdampak pada kota San Francisco, tetapi juga enam county sekitarnya di California Utara.

Semua toko dan bisnis akan ditutup kecuali tempat-tempat penting seperti supermarket dan apotek.

Kepala Kepolisian San Francisco William Scott mengatakan petugas akan mengambil apa yang dikatakannya "pendekatan akal sehat yang penuh kasih" terhadap siapa pun yang mulai menderita akibat tinggal di rumah terlalu lama dan harus keluar rumah.

Scott mengatakan polisi akan memperlakukan pelanggaran tersebut sebagai pelanggaran ringan, tetapi merupakan "upaya terakhir mutlak."

Lockdown atau larangan masuk dan keluar kota itu akan tetap berlaku sampai 7 April. [my/pp]

XS
SM
MD
LG