Tautan-tautan Akses

Pewaris Samsung Maju ke Sidang Perintah Penangkapan


Lee Jae-yong, wakil presiden Samsung Electronics yang didakwa melakukan penyuapan, diwawancara wartawan saat menuju kantor jaksa di Seoul (13/2).

Pengadilan Korea Selatan telah mulai meninjau permintaan penangkapan bagi wakil presiden Samsung Electronics yang menghadapi sejumlah tuduhan termasuk penyuapan.

Lee Jae-yong, putra satu-satunya pemimpin Samsung tiba di pengadilan distrik tengah Seoul hari Kamis (16/2), untuk sidang penangkapannya. Pengadilan Seoul sebelumnya menolak permintaan kantor jaksa khusus untuk perintah penangkapan 27 hari lalu.

Tim jaksa khusus yang menyelidiki skandal pengaruh yang menyebabkan pemakzulan Presiden Park Geun-hye itu meminta penangkapannya, menuduh pewaris Samsung itu menyuap Park dan rekannya yang menghadapi persidangan karena diam-diam mencampuri urusan pemerintah.

Mereka juga menginginkan perintah penangkapan bagi Presiden Samsung Electronics Park Sang-jin, yang bertanggung jawab atas hubungan eksternal perusahaan itu.

Kedua pimpinan Samsung itu sedang diselidiki atas tuduhan menawarkan suap, penipuan dan menyembunyikan aset-aset di luar negeri. Lee sedang diselidiki untuk tuduhan lainnya karena memberikan sumpah palsu. [my/al]

XS
SM
MD
LG