Tautan-tautan Akses

Kejaksaan Korsel Mohon Surat Penangkapan Pemimpin Samsung


Lee Jae-yong (tengah), wakil ketua Samsung Electronics, tiba di kantor penasihat independen di Seoul, Korea Selatan, Kamis , 12 Januari, 2017. (AP Photo / Ahn Young-joon, Pool). Lee Jae-yong diperiksa sebagai tersangka dalam kasus suap dalam skandal yang menyebabkan pemakzulan presiden Park.

Kejaksaan melakukan penyelidikan terhadap bantuan keuangan Samsung kepada perusahaan dan yayasan yang didukung oleh teman Presiden Park Geun-hye, Choi Soon-sil.

Kejaksaan Korea Selatan yang menyelidiki skandal korupsi yang mengakibatkan pemakzulan presiden negara itu telah meminta penahanan penjabat sementara pimpinan Samsung, Lee Jae-yong, (48 tahun) putra ketua dewan komisaris group Samsung, Lee Kun-hee yang sakit dalam beberapa tahun ini.

Pihak kejaksaan melakukan penyelidikan atas bantuan keuangan Samsung kepada perusahaan dan yayasan yang didukung oleh Geun-hye, Choi Soon-sil, teman Presiden Park.

Pengadilan Seoul, hari Rabu akan mengambil keputusan mengenai permohonan pihak kejaksaan atas penahanan itu.

Samsung adalah perusahaan terbesar Korea Selatan dan penangkapan Lee mungkin akan berdampak terhadap ekonomi negara itu. Namun, juru bicara tim kejaksaan mengatakan “kami yakin bahwa yang lebih penting lagi adalah pelaksanaan keadilan.”

Presiden Park dituduh bersekongkol dengan teman lamanya untuk memaksa atau menyogok perusahaan-perusahaan besar Korea Selatan menyumbang lebih dari $65 juta kepada dua yayasan yang mencurigakan, dan menutup mata ketika Choi menyalurkan sebagian dana itu dan kontrak-kontrak yang sangat menguntungkan itu kepada perusahaan-perusahaan yang dimilikinya dan teman-temannya.

Samsung telah membantah melakukan kesalahan, dengan mengatakan perusahaan itu tdiak pernah memberi sumbangan untuk memperoleh imbalan. [gp]

XS
SM
MD
LG