Tautan-tautan Akses

Rusia Menilai Keamanan Meningkat di Afghanistan Utara yang Dikuasai Taliban


Pendukung Taliban membawa bendera putih Taliban di kota perbatasan Afghanistan-Pakistan, Chaman, Pakistan, Rabu, 14 Juli 2021.

Rusia berpendapat, keuntungan yang diraih Taliban di Afghanistan utara berdampak pada peningkatan keamanan karena kelompok Taliban bermusuhan dengan Islamis ekstremis, yang oleh Moskow dinilai lebih berbahaya, demikian dikatakan seorang diplomat senior Rusia pada hari Selasa (20/7) serta dikutip kantor berita Interfax.

Taliban memperoleh kemajuan besar ketika pasukan AS undur dari negara itu setelah berperang 20 tahun di sana. Keluarnya tentara AS menjadi masalah keamanan yang mengkhawatirkan Moskow karena kemungkinan sejumlah pengungsi akan memasuki wilayah Asia Tengah, pekarangan belakang negara Rusia, dan mendestabilitasi garis pertahanan di bagian selatan negara itu.

Akan tetapi Zamir Kabulov, utusan khusus Presiden Vladimir Putin di Afghanistan, dikutip oleh Interfax hari Selasa (20/7) sebagai mengatakan, kemajuan Taliban di Afghanistan utara juga memiliki keuntungan keamanan bagi sekutu Rusia di Asia Tengah seperti Tajikistan dan Uzbekistan.

Rusia menyatakan kekhawatiran atas apa yang digambarkannya sebagai kekuatan yang semakin berkembang dari unsur-unsur terkait ISIS di Afghanistan utara. Kabulov juga dikutip mengatakan, Taliban setidaknya berupaya untuk menghadapi dan mengalahkan kelompok-kelompok tersebut.

Kantor berita Interfax juga mengutip Kabulov yang menyatakan Rusia sejauh ini tidak melihat bukti bahwa Taliban berusaha menyeberangi perbatasan ke wilayah Tajikistan atau Uzbekistan. [mg/jm]

Lihat komentar (3)

XS
SM
MD
LG