Tautan-tautan Akses

Rusia Lancarkan 'Agresi Terbuka' terhadap Ukraina


Seorang tentara Angkatan Laut Ukraina yang ditangkap (kanan), dikawal oleh petugas intelijen Rusia di Simferopol, Krimea, Selasa (27/11).

Serangan Rusia terhadap kapal militer Ukraina di Laut Hitam menandai pertama kalinya Rusia melancarkan agresi terbuka terhadap Ukraina, sejak Presiden Vladimir Putin mencaplok Krimea empat tahun lalu, dan meluncurkan kampanye destabilisasi di wilayah Donbas.

Pada masa lalu, Rusia telah menggunakan apa yang disebut "laki-laki hijau kecil" sebutan bagi tentara Rusia tanpa lencana, untuk memprovokasi atau bertempur melawan pasukan Ukraina, tetapi menyangkal mereka diarahkan oleh Moskow.

Hari Minggu menandai perkembangan baru, dengan perang hibrida yang ditingkatkan, perkembangan yang berisiko bisa memicu konflik yang lebih luas dan di luar kendali.

Jadi mengapa pemimpin Rusia memutuskan untuk melakukan agresi terang-terangan seperti itu, terutama pada saat ekonomi Rusia sedang dalam keadaan sulit dan bisa membaik tanpa sesuatu eskalasi atau sanksi oleh negara-negara Barat?

Langkah-langkah Putin dilakukan hanya beberapa hari sebelum dia bertemu dengan Presiden AS Donald Trump dalam KTT G20 di Argentina untuk membahas Suriah dan keputusan AS baru-baru ini untuk menarik diri dari perjanjian senjata nuklir. (ps/al)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG