Tautan-tautan Akses

Menteri Jerman Desak Rusia untuk Bebaskan Pasukan AL Ukraina


Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen di Niederstetten, Jerman, 20 Agustus 2018. (Foto: dok).

Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen mendesak Rusia pada hari Selasa (27/11) untuk membebaskan anggota pasukan angkatan laut Ukraina yang ditangkap pada akhir pekan lalu, dan mengatakan kedua negara perlu menunjukkan itikad baik untuk berusaha menenangkan situasi.

Rusia menangkap dan menahan tiga kapal angkatan laut Ukraina dan menahan awak ketiga kapal itu pada akhir pekan lalu. Insiden itu mendorong Presiden Ukraina Petro Poroshenko untuk menyatakan bahwa ada ancaman yang “sangat serius” akan invasi darat oleh Rusia.

Von der Leyen mengatakan pada Konferensi Keamanan di Berlin bahwa keadaan belum sepenuhnya dipahami, tetapi sangat penting untuk menghindari situasi yang tak terkendali.

“Ini tentang masalah rasa hormat terhadap integritas teritorial dan tentang tidak akan membiarkan perselisihan semakin meruncing,” katanya.

Kanselir Jerman Angela Merkel berbicara kepada Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Senin dan menekankan perlunya de-eskalasi dan dialog, kata juru bicaranya pada hari Selasa. [lt]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG