Tautan-tautan Akses

Rusia Berencana Balas AS Terkait Pencabutan Izin Liputan Media


Logo saluran televisi milik negara Rusia RT terlihat di jendela kantor perusahaan di Moskow, Rusia, 27 Oktober 2017.

Seorang legislator Rusia mengatakan media AS kemungkinan akan kehilangan akses liputan di badan-badan pemerintah Rusia sebagai balasan atas pencabutan izin liputan sebuah stasiun televisi yang didanai Kremlin di AS.

Radio-Television Correspondents’ Galleries, asosiasi media yang yang mengelola akses liputan Kongres AS untuk jurnalis, Rabu, mencabut izin liputan RT setelah stasiun televisi itu sebelumnya bulan ini mendaftarkan diri sebagai agen asing.

T&R Productions LLC, demikian nama perusahaan televisi Rusia itu, 10 November lalu, terdaftar di Departemen Kehakiman Amerika Serikat sebagai ANO TV-Novosti. Dalam suratnya ke RT, asosiasi media itu menjelaskan, berdasarkan peraturan asosiasi tersebut, izin liputan tidak bisa diberikan kepada pemerintah asing atau perwakilannya.

Alexei Pushkov, ketua komisi kebijakan informasi di majelis tinggi Parlemen Rusia, mengatakan, kepada kantor berita pemerintah Rusia RIA Novosti, Kamis, tindakan serupa akan diberlakukan terhadap media-media AS.

Koresponden-koresponden asing di Rusia memiliki akses ke badan-badan pemerintah dengan surat izin pers yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Rusia. Pushkov mengatakan, parlemen negara itu akan bekerjasama dengan kementerian luar negeri berusaha membuat peraturan baru terkait liputan media asing. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG