Tautan-tautan Akses

Robot Terapi Sarankan Latihan Rehab Pribadi


Sebuah robot yang bisa diprogram untuk mengikuti gerakan tangan (foto: ilustrasi).

Terapi fisik bisa menjadi bagian penting untuk memulihkan orang yang cedera. Tapi terapi yang disarankan terkadang kurang tepat. Beberapa teknologi baru yang sekarang digunakan di Italia bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu orang pulih dari cedera mereka.

Alat kebugaran baru Hunova menggunakan algoritma pengukuran inovatif. Gagasannya adalah memberi profil kebugaran individu kepada setiap orang yang menggunakannya, sebagimana dikatakan Simone Ungaro.

"Robot tersebut memahami cara mengelompokkan, biomekanik pasien. Yang dalam pengukuran. Robot ini kemudian bisa secara aktif membantu pasien untuk melakukan gerakan tertentu dan memulihkan kembali kendali motorik atau menyelesaikan patologi dalam ortopedi, neurologi, geriatri, juga dalam olahraga," ujar Ungaro.

Alat ini bekerja dengan menganalisa gerakan masing-masing pasien ketika mereka melangkah pada platform yang bergerak dan melakukan gerak badan sederhana, seperti dijelaskan Carlos Sanfilippo dari Movendo Technology.

"Mesin ini dilengkapi berbagai macam sensor yang mengukur posisi, kekuatan otot, kekuatan dan rentang gerak sendi. Pengukuran ini dibandingkan dengan orang yang sehat. Mesin ini kemudian dengan mudah bisa mengevaluasi kinerja pasien, dan memilih jalur gerak badan terbaik, atau proses rehabilitasi untuk patologi tertentu," kata Sanfilippo.

Mesin ini memberi petugas terapi cara untuk memberi resep gerak badan yang tepat bahkan membuat prosesnya sedikit lebih menyenangkan.

Simone Ungaro mengatakan, "Kami mengubah sesuatu yang sedikit membosankan - tidak seorang pun menyukai rehabilitasi - menjadi sesuatu yang dilakukan lewat permainan sehingga pasien cenderung lebih mau bekerjasama dan ini mempermudah fisioterapis."

Meskipun mendukung, para dokter mengatakan alat Hunova tidak bisa menggantikan fisioterapis. Psioterapis Alessandro sepakat mengenai hal ini.

"Mesin ini memungkinkan fisioterapis melacak proses rehabilitasi dari sudut pandang yang obyektif. Ini adalah sesuatu yang dilakukan fisioterapis dengan mendengarkan pasien dan mengandalkan 'mata klinis' mereka sendiri. Ini tetap alat simulator. Bisa memberi data yang bisa dipercaya dan berguna, tapi tidak selalu membuahkan hasil," tukas Alessandro.

Setiap unit alat ini harganya 100.000 dolar lebih tapi Movendo technology telah menjual beberapa unit peralatan ini di Italia dan berencana untuk memperluasnya. [my/al]

XS
SM
MD
LG