Tautan-tautan Akses

Rindu Kuliner Indonesia di Rantau, Jeff Keasberry Tulis Buku Resep Masakan


Berawal dari kerinduan akan masakan Indonesia, pria berdarah Indonesia dan Belanda, Jeff Keasberry, menggali resep-resep lama keluarga untuk memasak berbagai kuliner khas Indonesia.

Dari resep-resep keluarga yang dikumpulkannya, Jeff telah menulis buku masakan berjudul “Indo Dutch Kitchen Secret.”

“Buku ini menceritakan hubungan Indo-Belanda dan tentang rahasia dapur Indo-Belanda. Mungkin Anda juga punya resep rahasia nenek Anda. Saya mengumpulkan resep milik nenek dan ibu kami untuk membantu Anda memasak hidangan lezat seperti ini,” jelas Jeff.

Selain penuh dengan resep Indo-Belanda, Jeff menambahkan bahwa buku ini juga berisikan panduan untuk pesta atau selamatan tradisional Indonesia.

Bagi Jeff yang kini menetap di California, makanan Indonesia bukan hanya sekedar makanan, melainkan juga cerminan keakraban dan keramahan budaya Indonesia.

“Ini yang saya pelajari setelah dibesarkan dalam keluarga Indo-Belanda. Kalau ada tamu, kita tidak bertanya tentang cuaca, melainkan ‘sudah makan belum?’ Makan dulu, lalu kita bicara,” kata Jeff.

Lahir di Belanda dengan ibu berdarah Indonesia dan ayah Belanda, Jeff sadar ia memiliki latar belakang yang sangat unik. Baginya, masakan Indonesia menawarkan keragaman kuliner.

“Saya melihat masakan Indonesia bukan hanya satu, ada Jawa, Sumatera, Bali, Maluku, Manado. Ada berbagai macam etnis dan banyak pilihannya,” kata Jeff.

Sejak pindah ke Amerika, Jeff giat memperkenalkan masakan Indonesia kepada masyarakat Amerika.

Ia juga mengajak diaspora Indonesia untuk bangga untuk bangga memperkenalkan makanan dan budaya ramah Indonesia.

“Undang tetangga, cari restoran Indonesia, ajak mereka untuk makan malam. Sajikan hidangan sederhana dan dikembangkan perlahan-lahan,” ujar Jeff. [np/dw]

XS
SM
MD
LG