Tautan-tautan Akses

Richard H. Thaler, Warga Amerika, Dianugerahi Hadiah Nobel Ekonomi


Foto Richard H. Thaler, pemenang Hadiah Nobel bidang Ekonomi 2017, yang secara resmi disebut Hadiah Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel, ditayangkan pada layar saat konferensi pers di Stockholm, 9 Oktober 2017.

Warga Amerika Richard H. Thaler, telah dianugerahi Hadiah Nobel untuk Ekonomi tahun 2017 yang resminya disebut Hadiah Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel.

Komite hadiah itu mengatakan Thaler dipilih atas sumbangannya untuk “ekonomi yang dilatarbelakangi tingkah laku.”

“Dengan menjajaki konsekuensi rasionalitas yang terbatas, pilihan sosial, dan kurangnya pengekangan diri,” Thaler “telah menunjukkan bagaimana sifat-sifat manusia ini mempengaruhi keputusan perorangan serta keadaan pasar,” kata Akademi Swedia itu.

Thaler mengembangkan teori “mental accounting,” yang menjelaskan bagaimana orang menyederhanakan pengambilan keputusan keuangan dengan menciptakan rekening-rekening terpisah dalam pikiran mereka, dan memusatkan perhatian pada dampak sempit keputusan perorangan bukan akibatnya yang luas atau secara keseluruhan.

Thaler lahir tahun 1945 di East Orange, New Jersey dan menerima gelar PhD tahun 1974 dari Universitas Rochester, New York. Ia adalah professor yang mendapat penghargaan dalam ilmu Behavioral Science dan Ekonomi di Booth School of Business, Universitas Chicago, Illionois.

The Royal Swedish Academy of Sciences mengumumkan hadiah itu hari Senin. Hadiah tersebut disertai hadiah uang tunai $1,1 juta. [gp]

XS
SM
MD
LG