Tautan-tautan Akses

Novelis Inggris Kazou Ishiguro Menangkan Hadiah Nobel Sastra


Penulis Kazuo Ishiguro menghadiri pemutaran khusus "Never Let Me Go" di New York, 14 September 2010. (Foto: dok). Hadiah Nobel untuk Sastra tahun 2017 telah diberikan kepada novelis Inggris Kazuo Ishiguro, diumumkan pada hari Kamis, 5 Oktober 2017.

Penulis Inggris Kazou Ishiguro telah dianugerahi Hadiah Nobel tahun 2017 bidang Sastra. Komite Hadiah Nobel di Swedia mengatakan Ishiguro, melalui novelnya, telah “menemukan jurang di bawah indera ilusi kita tentang hubungan dengan dunia.”

Komite itu mengatakan bahwa penulis berusia 62 tahun tersebut lahir di Nagasaki, Jepang. Dia pindah ke Inggris ketika berusia lima tahun.

Ishiguro telah menulis banyak novel, tetapi komite menyatakan melalui Twitter bahwa karya yang paling dipuji adalah The Remains of the Day, kisah tentang seorang kepala pelayan di sebuah keluarga pemilik tanah pertanian yang luas di pedesaan Inggris.

Novel tersebut diadaptasi menjadi film yang menampilkan pemenang Academy Award, Anthony Hopkins dan Emma Thompson.

Sebagai penerima hadiah $1,1 juta, penghargaan sastra paling bergengsi di dunia, Ishiguro kini bergabung dengan jajaran Doris Lessing dan Ernest Hemingway. [lt]

XS
SM
MD
LG