Tautan-tautan Akses

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Diumumkan Hari Ini


Reaksi pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Malala Yousafzai dari Pakistan pada saat upacara pemberian penghargaan di Oslo, Norwegia, 10 Desember 2014. (Foto:Dok)

Komite Norwegia yang akan memilih pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, menyaring lebih dari 300 nominasi untuk penghargaan tahun ini, kantor berita Associated Press melaporkan, Jumat (6/10).

Pengumuman Hadian Nobel akan dilakukan hari ini di ibu kota Norwegia, Oslo, yang akan menjadi puncak acara penghargaan Nobel. Penghargaan Nobel minggu ini sudah diberikan untuk bidang kedokteran, fisika, kimia dan sastra.

Komite Nobel Norwegia tidak merilis nama-nama peserta yang dianggap layak menerima penghargaan, namun mengatakan telah menerima 215 nominasi perorangan dan 103 organisasi.

Para pengamat berpendapat organisasi relawan Suriah, Helm Putih atau White Helmets adalah calon kuat penerima penghargaan, selain Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Frederica Mogherini yang usah mengawal kesepakatan untuk pembatasan program nuklir Iran. [fw]

XS
SM
MD
LG