Tautan-tautan Akses

AS

Ribuan Warga AS Berdemonstrasi Serukan Lebih Banyak Bantuan bagi Puerto Rico


Ribuan demonstran membawa bendera nasional Puerto Rico dalam aksi demonstrasi di Washington DC hari Minggu (19/11).

Ribuan orang berpawai di sepanjang National Mall hingga ke gedung Capitol AS hari Minggu (19/11) untuk menuntut agar lebih banyak bantuan bencana disalurkan bagi Puerto Rico yang diterpa badai.

Dua bulan setelah Badai Maria melanda pulau itu, sekitar separuh dari 3.4 juta penduduknya masih belum mendapatkan listrik, dan yang lainnya belum mendapatkan air bersih. Yang lainnya mengeluhkan apa yang mereka anggap sebagai perlakuan tak adil dari Gedung Putih karena Puerto Rico adalah wilayah AS – bukan negara bagian – dan tidak terletak di dataran utama AS seperti Texas dan Florida yang juga pernah dilanda badai.

Banyak di antara demonstran hari Minggu menuntut Gedung Putih menghapuskan apa yang disebut sebagai UU Jones – UU tahun 1920 yang mengatakan hanya kapal-kapal berbendeera AS – bukan kapal asing – yang boleh membawa barang dari pelabuhan AS ke pelabuhan lainnya.

Sebagian peserta aksi juga menyerukan Washington untuk mengampuni utang Puerto Rico sebesar 73 miliar dolar – sesuatu yang disarankan Presiden Trump.

Gedung Putih pekan lalu meminta Kongres untuk menyalurkan bantuan pasca badai sebesar 44 miliar dolar lagi untuk Puerto Rico, Florida, dan Texas. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG