Tautan-tautan Akses

Ribuan Penduduk Diungsikan dari Dekat Gunung Agung, Bali


Pengendara motor dengan latar belakang Gunung Agung, gunung berapi di Bali, yang menunjukkan peningkatan aktivitas, 24 September 2017.

Ribuan penduduk telah diungsikan dari daerah-daerah yang mengelilingi Gunung Agung yang sedang gemuruh di pulau Bali, sementara para pejabat mengatakan letusan tampaknya akan terjadi.

Badan Penanggulangan Bencana Indonesia mengatakan hari Minggu (24/9) bahwa jumlah orang yang mengungsi dari rumah mereka telah meningkat tiga kali lipat sejak Jumat sementara kekuatan getaran telah meningkat, yang menimbulkan ketakutan bahwa Gunung Agung mungkin akan meletus untuk pertama kalinya sejak lebih 50 tahun lalu.

Pihak berwenang memperingatkan wistawan dan penduduk agar jangan berkemah atau mendaki sampai jarak 9 kilometer radius dari kawah gunung berapi itu sementara kegiatan dalam gunung itu menggetarkan beberapa daerah dan asap mengepul ke atas salah satu pusat wisatawan yang paling popular di dunia itu. Kira-kira 35 ribu orang telah mengungsi sampai saat ini.

Gunung berapi itu, yang terletak kira-kira 75 kilometer dari tempat wisata Kuta telah mengeluarkan suara gemuruh sejak Agustus.

Rentetan letusan gunung Agung antara tahun 1963 dan 1964 menewaskan lebih dari 1.000 orang dan mencederai ratusan lainnya. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG