Tautan-tautan Akses

Ribuan Koala Diperkirakan Mati dalam Kebakaran Hutan di Australia 


Seekor koala sedang diberi minum oleh seorang anggota damkar di Cuddle Creek, Australia bagian selatan, 22 Desember 2019. Foto dirilis oleh Oakbank Balhannah CFS.

Ribuan koala diperkirakan mati di kawasan sebelah utara Kota Sydney yang diamuk kebakaran lahan. Sementara itu, bahaya kebakaran meningkat pada Sabtu (28/12) di bagian timur Australia, karena suhu udara yang makin panas.

Di kawasan utara negara bagian New South Wales tadinya terdapat sekitar 28 ribu ekor koala. Namun kebakaran hutan di kawasan itu dalam beberapa bulan terakhir telah sangat mengurangi populasi hewan khas Australia itu. Koala adalah hewan asli Australia dan merupakan salah satu hewan kesayangan di sana.

Hampir 30 persen habitat mereka telah musnah terbakar, kata Menteri Lingkungan Susan Ley kepada stasiun radio ABC. “Kita akan mengetahui dampak sepenuhnya setelah api bisa dikuasai,” tambahnya.

Foto-foto yang menunjukkan koala sedang diberi minum setelah diselamatkan dari kebakaran hutan menjadi viral belakangan ini.

Sekitar 5 juta hektare lahan telah musnah terbakar, sembilan orang tewas dan lebih dari 1.000 rumah hangus.

Ancaman kebakaran di negara bagian New South Wales ditingkatkan pada Sabtu (28/12), ketika suhu di pinggiran Kota Sydney mencapai 41 derajat Celsius. [ii/ft]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG