Tautan-tautan Akses

Ribuan Aparat Antisipasi Gangguan Keamanan Jelang Pernikahan Putri Presiden Jokowi

  • Yudha Satriawan

Pangdam IV Diponegoro dan Kapolda Jawa Tengah memeriksa kesiapan aparat keamanan menjelang pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu. (Foto: Yudha)

Menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, di Solo ribuan aparat mengantisipasi gangguan keamanan dan kemacetan lalu lintas. Pernikahan putri Presiden Jokowi akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, para duta besar negara-negara sahabat, dan tamu VVIP lainnya.

Kendaraan tempur dan deretan truk-truk pengangkut personil TNI dan POLRI bersenjata lengkap bersiaga di berbagai sudut kota Solo, Senin (6/11). Simulasi kirab atau iring-iringan kereta kencana digelar di sejumlah lokasi yang menjadi salah satu rangkaian prosesi pernikahan putri Presiden Jokowi di Solo, Rabu (8/11) besok.

Panglima KODAM IV DIPONEGORO, Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan ada lebih dari lima ribu personil TNI dan POLRI yang mengamankan prosesi pernikahan Putri Presiden Jokowi. Pengamanan, tegas Tatang, juga berlaku untuk para tamu undangan VVIP yang dijadwalkan akan menghadiri pernikahan tersebut.

"Kita tahu dari pengamanan ini, selain pengamanan Presiden, yang punya gawe mantu ini, kita juga mengamankan wakil presiden, duta besar, pejabat lembaga negara lainnya serta para tamu VVIP lainnya. Sampai dengan hari ini, kita siap untuk melakukan pengamanan. Semua aparat yang terlibat ada 5.453 personil gabungan dari TNI dan Polri," jelas Mayjen TNI Tatang Sulaiman.

Kesiapan aparat keamanan dari POLRI tidak hanya berada di pengawalan tamu undangan. Polisi menyiapkan antisipasi gangguan keamanan selama proses pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, di Solo. Kepala Biro Operasional Polda Jawa tengah, AKBP Hariyanto, mengatakan kesiapan senjata yang ada pada personil polisi dicek kembali.

“Saya minta semua sesuai SOP, yang masih membawa senjata api, tidak ada yang menggunakan peluru tajam. Senjata api hanya digunakan saat kondisi sangat sangat terpaksa, dalam arti memang senjata itu dipakai saat harus digunakan. Kita sudah punya protap penggunaan kekuatan, kapan menggunakan senjata api. Untuk anggota yang mengatur kegiatan di masyarakat ini, senjata apinya, tolong nanti provoost cek semua kondisi. Siapa yang menggunakan senjata api, tidak memakai senjata api dengan peluru tajam. Para tamu akan hadir di pernikahan putri Presiden, baik tamu VVIP dalam negeri maupun luar negeri. Kegiatan ini harus berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” jelasPolda Jateng AKBP Hariyanto.

Pengawalan diutamakan untuk para tamu VVIP antara lain Wakil Presiden dan keluarga, Para duta besar, Gubernur, dan sebagainya. Ada sekitar 3.600-an personil polisi yang dilibatkan dalam pengamanan dan pengawalan tamu selama prosesi pernikahan putri Presiden Jokowi di Solo. Ribuan polisi tersebut berasal dari berbagai POLRES/POLRESTA di berbagai daerah di Jawa Tengah. Mayoritas polisi ini bertugas di satuan lalu lintas.

Tidak hanya mengantisipasi gangguan keamanan, polisi juga fokus pada arus lalu lintas yang ada di sekitar lokasi pernikahan, tidak jauh dari kediaman pribadi Presiden Jokowi dan keluarga, yang hanya berjarak ratusan meter dari pintu Tol Solo-Kertosono di perbatasan Solo-Karanganyar.

Kepala Korps Lalu lintas Kakorlantas Polri, Inspektur Jenderal Royke Lumowa, usai mengecek kesiapan personil dan peralatan pengamanan Polri di Kompleks Manahan Solo, mengatakan jalur tol Solo-Kertosono akan dibuka khusus angkutan berat saat hari H pernikahan putri Presiden, untuk mengurangi potensi kemacetan di Solo.

"Kami berharap acara Presiden Mantu atau menikahkan anaknya ini berjalan aman, lancar. Pesan Presiden dan Kapolri acara itu tidak menganggu aktivitas dan lalu lintas masyarakat di Solo dan daerah sekitarnya. Kita sudah memetakan jalur pengalihan arus, untuk truk dan angkutan berat yang biasa lewat jalur dalam kota Solo dialihkan lewat jalur tol Solo-Kertosono di Ngawi, dua arah, agar tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas. Kita buka jalur tol itu mulai hari H pernikahan putri Presiden Jokowi, Rabu pagi hingga Kamis pagi selama 24 jam," kata Kakorlantas POLRI, Irjen Royke.

Presiden Jokowi dan keluarga menyebarkan 8.000 undangan untuk pernikahan putrinya tersebut. Resepsi pernikahan digelar dalam dua shift yaitu siang dan malam.

Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi bakal segera menikah dengan seorang pria bernama Bobby Nasution. Calon suami Kahiyang berasal dari Medan dan putra mantan pejabat tinggi PT Perkebunan Nusantara IV, badan usaha milik negara yang bergerak di bidang bisnis pembudidayaan tanaman, pengolahan dan penjualan produk kelapa sawit, teh, dan kakao berikut turunannya.

Bobby dan Kahiyang Ayu saat ini tengah menempuh pendidikan pasca sarjana S2 di Institut Pertanian Bogor. Foto pre-wedding keduanya telah tersebar di media sosial. Pernikahan Kahiyang akan menjadi momen kedua bagi Presiden Indonesia tersebut untuk menggelar pernikahan anaknya.

Sebelumnya anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming, menikah dengan seorang mantan Putri Solo tahun 2009 bernama Selvi Ananda. Perkawinan itu berlangsung pada tanggal 11 Juni 2015, dan kini telah dikaruniai seorang putra bernama Jan Ethes Srinarendra. [ys/lt]

XS
SM
MD
LG