Tautan-tautan Akses

Rencana Indonesia Tarik Investasi China di Rempang Hadapi Penolakan Warga Setempat


Desa Monggak di Pulau Rempang, 18 September 2023.(Bay ISMOYO / AFP)
Desa Monggak di Pulau Rempang, 18 September 2023.(Bay ISMOYO / AFP)

Bentrokan baru-baru ini antara warga dan polisi di Pulau Rempang menunjukkan meningkatnya ketegangan antara pemerintah pusat dan masyarakat setempat mengenai investasi infrastruktur besar-besaran yang dilakukan China, kata para analis.

Pemerintah berencana menjadikan pulau ini sebagai lokasi kawasan industri baru yang diberi nama Rempang Eco-City yang akan menampung fasilitas manufaktur kaca dan panel surya raksasa milik China.

Pabrik tersebut akan menjadi bagian dari proyek bersama antara Otoritas Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam); PT Makmur Elok Graha, perusahaan lokal Indonesia; dan Xinyi Glass, perusahaan China yang ingin memanfaatkan pasir kuarsa pulau tersebut, yang merupakan komponen kaca dan panel surya.

Desa Sebulang di Pulau Rempang, 18 September 2023. (Bay ISMOYO / AFP)
Desa Sebulang di Pulau Rempang, 18 September 2023. (Bay ISMOYO / AFP)

Ariastuty Sirait, juru bicara BP Batam, mengatakan kepada VOA bahwa total investasinya diperkirakan mencapai $24,6 miliar dan menciptakan 306.000 lapangan kerja pada tahun 2080.

Xinyi berencana menginvestasikan sekitar $11,6 miliar untuk membangun pabrik tersebut, menurut Ariastuty, yang mengatakan kepada VOA Indonesia dalam wawancara telepon bahwa tidak semua penduduk pulau itu menentang relokasi.

Rencana tersebut mengharuskan penggusuran sekitar 7.500 warga pulau seluas 17.000 hektare yang terletak sekitar 44 kilometer dari Singapura itu. Banyak dari mereka adalah anggota masyarakat adat setempat.

Investor Pulau Rempang, termasuk PT Makmur Elok Graha, tidak menanggapi permintaan komentar mengenai ketegangan terkait relokasi tersebut.

Pada bulan Agustus, pemerintah memerintahkan penduduk untuk meninggalkan pulau itu selambatnya akhir September, yang memicu protes yang menyebabkan sedikitnya 20 orang terluka dan 43 orang ditangkap karena dugaan kekerasan dan vandalisme, menurut Reuters. Protes terakhir terjadi tiga minggu lalu.

Lokasi pemukiman baru di Dapur Tiga di Pulau Rempang, yang rencananya akan digunakan untuk warga desa yang digusur, 19 September 2023.(Bay ISMOYO / AFP)
Lokasi pemukiman baru di Dapur Tiga di Pulau Rempang, yang rencananya akan digunakan untuk warga desa yang digusur, 19 September 2023.(Bay ISMOYO / AFP)

Polisi menggunakan gas air mata dan peluru karet untuk mengatasi para pengunjuk rasa, tindakan yang dikecam oleh para kritikus sebagai penggunaan kekuatan yang berlebihan.

Dalam pernyataannya pada tanggal 22 September, Komnas HAM mengatakan mereka menemukan sejumlah bukti pelanggaran HAM yang dilakukan oleh aparat gabungan kepolisian, militer, dan petugas ketertiban umum.

Presiden Indonesia Joko Widodo mencapai kesepakatan Rempang Eco-City pada bulan Juli saat berkunjung ke Chengdu, China. Pada bulan Agustus, pemerintah Indonesia menobatkan Rempang Eco-City sebagai “proyek strategis nasional”.

Para analis mengatakan bahwa Jokowi memandang perolehan investasi dari China, mitra dagang terbesar Indonesia, merupakan hal yang penting bagi pembangunan ekonomi tanah air.

Namun sengketa tanah dan penggusuran paksa seringkali menjadi sumber konflik antara pemerintah dan masyarakat di Indonesia, dan sengketa Rempang tampaknya menambah dimensi baru pada ketegangan tersebut, mengingat keinginan kuat pemerintah untuk mengamankan sebagian dari investasi besar-besaran China dalam proyek-proyek luar negerinya.

“Menurut saya, perhatian utama yang harus menjadi fokus para pejabat Indonesia adalah potensi dampak terhadap lingkungan dan penduduk lokal,” kata Abdul Rahman Yaacob, peneliti program Asia Tenggara di Lowy Institute di Sydney, Australia, melalui email kepada VOA Layanan Korea.

Situs berita Indonesia, iNews.id, mengutip pejabat Kementerian Investasi M. Pradana Indraputra yang mengatakan pabrik baru tersebut akan menciptakan sekitar "35.000 lapangan kerja" tanpa memberikan kepastian kapan itu akan terealisasi.

Namun jika sebagian besar pekerjaan tersebut jatuh ke tangan pekerja impor asal China, kata Abdul, “hal ini akan menimbulkan kebencian di dalam negeri, karena penduduk setempat hanya akan merasakan sedikit manfaatnya atau tidak ada manfaat dari investasi tersebut, selain kehilangan rumah-rumah leluhur mereka.”

Analis: Minimnya Transparansi  Picu Konflik di Proyek Strategis Nasional hingga "Rempang Eco-City"
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:15 0:00

Pada tingkat strategis, menurut Abdul, proyek ini sejalan dengan fokus pemerintah pada pembangunan ekonomi internal.

“Lebih dari 50 persen penduduk Indonesia berusia antara 18 hingga 39 tahun, dan pembangunan ekonomi sangatlah penting karena akan membuka lapangan kerja bagi generasi muda Indonesia, dan lapangan kerja akan menciptakan stabilitas dalam negeri. … Indonesia harus menegaskan bahwa investor harus mempekerjakan pekerja lokal sebanyak-banyaknya dan memantau dengan cermat dampak proyek mereka terhadap lingkungan,” katanya.

Andreyka Natalegawa, seorang peneliti program Asia Tenggara di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), mengatakan kepada VOA bahwa rencana penggusuran ribuan warga pribumi dari pulau tersebut “menimbulkan kekhawatiran serius mengenai tata kelola proyek dan dampaknya terhadap keamanan manusia, HAM dan lingkungan setempat."

Dalam upaya nyata untuk meredakan ketegangan, pemerintah mengumumkan pada konferensi pers tanggal 25 September bahwa mereka akan meringankan batas waktu evakuasi dan menawarkan insentif bagi mereka yang bersedia direlokasi.

“Presiden telah mengarahkan saya untuk mendengarkan aspirasi penduduk setempat, memastikan hak-hak mereka dan memprioritaskan kebutuhan mereka sejalan dengan undang-undang yang ada, dan berperilaku ramah,” kata Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Bahlil mengatakan, pemerintah akan memindahkan warga yang keberatan dengan pembangunan Eco-City Rempang ke bagian lain Pulau Rempang, bukan ke Pulau Galang yang berada di dekatnya.

Setiap anggota keluarga akan diberi $78 per orang per bulan, ditambah $78 untuk sewa per bulan, sementara mereka menunggu rumah baru mereka dibangun, menurut Bahlil. Pendapatan per kapita bulanan rata-rata Indonesia pada bulan Desember 2022 adalah $192, menurut angka pemerintah.

Keluarga-keluarga tersebut akan diberi hak sewa atas tanah seluas 500 meter persegi dan rumah seluas 45 meter persegi.

Pemerintah juga akan memberikan kompensasi atas hilangnya harta benda yang menghasilkan pendapatan, seperti tambak ikan. Pihak berwenang telah sepakat untuk tidak memindahkan kawasan pemakaman tua di mana para leluhur masyarakat adat dikebumikan.

Namun rencana kompensasi tersebut belum memuaskan warga. Sembilan organisasi masyarakat sipil dan kelompok agama mengkritik pihak berwenang karena memprioritaskan investasi di atas kepentingan masyarakat, menurut BBC News.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di jalan yang dibuat oleh warga saat aksi protes di Tanjung Kertang, Pulau Rempang, 8 September 2023. (ANDARU / AFP)
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di jalan yang dibuat oleh warga saat aksi protes di Tanjung Kertang, Pulau Rempang, 8 September 2023. (ANDARU / AFP)

Dari 2.600 keluarga yang akan dipindahkan oleh proyek ini, sejauh ini hanya sekitar 300 keluarga yang mendaftar untuk pindah, kata Menteri Bahlil.

Dalam pernyataan tertulis kepada VOA Indonesia, warga di 16 desa menolak segala bentuk penggusuran paksa dan menuntut pemerintah mengakui hak tanah leluhur mereka. Desa-desa tersebut dihuni oleh orang-orang etnis Melayu, salah satu masyarakat adat Indonesia, dan Orang Laut, kelompok etnis pelaut.

“Kami mendesak Presiden Indonesia untuk memberi kami kepastian hukum atas hak-hak tanah adat dan mengakui rumah-rumah adat warisan leluhur kami,” kata pernyataan itu. “Hak-hak ini tidak pernah diakui sejak negara ini meraih kemerdekaan” pada tahun 1945.” [ab/lt]

Christy Lee dari VOA Korea berkontribusi pada laporan ini.

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG