Tautan-tautan Akses

Rekaman Video Pemukulan Viral, Tiga Polisi Arkansas Diskors


Sebuah mobil tampak terparkir di luar gerai Kountry Xpress di Mulberry, Arkansas. Tiga petugas polisi Arkansas telah diskors setelah video beredar di media sosial yang menunjukkan ketiganya memukuli seorang pria. (Foto: AP/Andrew DeMillo)
Sebuah mobil tampak terparkir di luar gerai Kountry Xpress di Mulberry, Arkansas. Tiga petugas polisi Arkansas telah diskors setelah video beredar di media sosial yang menunjukkan ketiganya memukuli seorang pria. (Foto: AP/Andrew DeMillo)

Tiga aparat penegak hukum Arkansas diskors, dan kepolisian negara bagian itu melancarkan penyelidikan segera setelah sebuah video yang diunggah di media sosial menunjukkan dua dari tiga polisi terlihat memukuli tersangka, sementara petugas ketiga menahannya di tanah.

Ketiga polisi itu menanggapi laporan tentang seorang laki-laki yang menyampaikan ancaman di luar sebuah toko serba ada di kota kecil Mulberry, sekitar 220 kilometer barat laut Little Rock, di dekat perbatasan Oklahoma, pada hari Minggu (21/8).

Video itu menunjukkan seorang polisi meninju tersangka dengan kepalan tangannya, sementara yang lain memukuli dengan lututnya. Polisi ketiga menahannya di trotoar jalan.

Otoritas kota dan kabupaten itu pada Senin (22/8) mengatakan dua deputi sherrif Crawford County dan satu polisi di Mulberry diskors.

Kepolisian Negara Bagian Arkansas mengatakan pihaknya akan menyelidiki penggunaan kekuatan tersebut. Mereka mengidentifikasi tersangka yang dipukuli itu sebagai Randal Worcester, 27, dari Goose Creek, South Carolina. Ia telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan, tetapi kemudian dibebaskan dan dipenjara di Van Buren County atas beberapa tuduhan, termasuk melakukan kejahatan dengan kekerasan, melawan penangkapan dan membuat ancaman.

Menurut informasi di penjara itu, Worcester dan tiga polisi yang terlibat memukulinya sama-sama berkulit putih.

Pihak berwenang belum merilis nama ketiga polisi tersebut.

Sherrif Crawford County, Jimmy Damante, mengatakan “saya meminta pertanggungjawaban semua karyawan saya atas tindakan mereka, dan akan mengambil tindakan yang tepat atas masalah ini.”

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Minggu malam, Kepala Kepolisian Mulberry, Shannon Gregory, mengatkaan masyarakat dan departemennya menangani masalah ini dengan sangat serius.

Gubernur Arkansas Asa Hutchinson mencuit di Twitter bahwa insiden itu “akan diselidiki berdasarkan bukti video dan permintaan jaksa penuntut.”

Video yang direkam dengan telpon seluler tentang interaksi polisi yang sering melakukan kekerasan telah menyoroti perilaku petugas dalam beberapa tahun terakhir ini, terutama sejak pembunuhan George Floyd ketika ia ditangkap polisi di Minneapolis pada Mei 2020.

Mulberry adalah kota kecil berpenduduk 1.600 orang di bagian barat Arkansas, yang berada tepat di Interstate 40, suatu koridor jalan utama yang membentang dari California hingga ke North Carolina. [em/pp]

Forum

XS
SM
MD
LG