Tautan-tautan Akses

Putra Wartawan Jamal Khashoggi Tiba di Amerika


Salah bin Jamal Khashoggi (kiri) berjabat tangan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh, Saudi Arabia, Selasa (23/10).
Salah bin Jamal Khashoggi (kiri) berjabat tangan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh, Saudi Arabia, Selasa (23/10).

Salah bin Jamal Khashoggi, putra wartawan Saudi yang dibunuh di konsulat Saudi Arabia di Istanbul, telah tiba di Amerika.

Warga Saudi yang punya dua kewarganegaraan itu tadinya dilarang bepergian oleh pemerintah Saudi, tapi pembatasan itu dicabut setelah muncul foto ia sedang bersalaman dengan Putra Mahkota dan Raja Salman pada hari Selasa. Jaringan televisi CNN melaporkan hari Jumat (26/10), putra Khashoggi itu telah tiba di Amerika tapi tidak dijelaskan di mana ia berada.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan “senang” larangan bepergian itu telah dicabut, karena ia telah mendesak pemerintah Saudi untuk membiarkan putra Khashoggi meninggalkan negara itu.

Sementara itu, Turki telah minta supaya ke-18 orang yang ditangkap di Saudi Arabia sehubungan pembunuhan itu diekstradisi ke Turki untuk diadili.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hari Jumat mendesak pemerintah Saudi untuk menunjukkan dimana mayat Khashoggi dibuang dan siapa orang lokal yang dilaporkan ditugaskan untuk membuang mayat Khashoggi setelah ia dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul.

Kata Erdogan, kepala kejaksaan Saudi akan berkunjung ke Istanbul hari Minggu (28/10) dan bertemu dengan para pejabat Turki membahas pembunuhan Khashoggi itu. [ii]

XS
SM
MD
LG