Tautan-tautan Akses

Puluhan Pemrotes Serang Satu Kantor Polisi Mesir


Polisi anti huru-hara menembakkan gas air mata ke arah para pemrotes di Kairo, Mesir, 6 April 2013. (Foto: dok).

Kantor berita resmi Mesir mengatakan puluhan orang pemrotes menyerang satu kantor polisi Kairo karena ada laporan bahwa seorang meninggal dunia dalam tahanan.

Kantor berita MENA pemerintah mengutip seorang pejabat keamanan yang tidak disebut namanya, Sabtu (6/1) mengatakan bahwa pemrotes membakar sebuah mobil polisi, melemparkan batu dan berusaha menyerbu kantor polisi itu. Pejabat itu mengatakan tahanan tersebut dikenakan tuduhan kasus narkoba, tanpa menjelaskan lebih jauh.

Pejabat itu mengatakan pasukan keamanan menembakkan gar air mata dan menangkap beberapa orang. Bentrokan melukai beberapa orang.

Kemarahan atas kekejaman polisi yang meluas turut menimbulkan pergolakan tahun 2011 yang menggulingkan otokrat yang lama berkuasa Hosni Mubarak. Organisasi-organisasi hak azasi mengatakan perlakuan kejam dan penyiksaan masih luas dalam rumah-rumah tahanan dan penjara Mesir, tuduhan yang dibantah oleh pemerintah.

Mesir melarang semua protes yang tidak mendapat izin tahun 2013 sebagai bagian dari penindakan luar terhadap tentangan terhadap pemerintah. [gp]

XS
SM
MD
LG