Tautan-tautan Akses

ISIS Serang Gereja Koptik di Kairo


Seorang anak laki-laki memegang label kuning di sekitar lokasi di depan gereja Mar Mina, di Helwan, Kairo, Mesir, Jumat, 29 Desember 2017, di mana beberapa orang telah terbunuh dalam baku tembak di luar gereja. (AP Photo / Amr Nabil)

Seorang bersenjata melepaskan tembakan di gereja di selatan Kairo hari Jumat, menewaskan sedikitnya sembilan orang, dalam rangkaian serangan jihadis yang tampaknya ditujukan pada kelompok minoritas Kristen di Mesir.

Kelompok ISIS mengatakan “tentaranya” melancarkan serangan di gereja koptik Saint Mina di distrik Helwan.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Khaled Megahed mengatakan penembak itu tewas ditembak polisi, tapi Kementerian Dalam Negeri mengatakan, penyerang itu adalah seorang jihadis yang dicari-cari karena terlibat serangan atas kantor polisi, dan hanya luka-luka, dan telah ditangkap.

Penyerang itu menggunakan senapan serbu, membawa 150 peluru dan bom yang akan diledakkannya di dalam gereja itu, kata Kementerian Dalam Negeri.

Sebuah afiliasi ISIS di Mesir telah membunuh puluhan warga Kristen dalam serangkaian penembakan dan pengeboman atas gereja dalam setahun terakhir ini, dan mengancam akan terus melanjutkan serangan atas kelompok minoritas Kristen itu.

Serangan hari Jumat ini terjadi ketika warga Kristen koptik Mesir sedang bersiap-siap merayakan Hari Natal mereka tanggal 7 Januari. (sp/ii)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG