Tautan-tautan Akses

Demonstran Protes Rencana Reformasi Pensiun Rusia


Demonstran membawa poster ketika memprotes rencana reformasi pensiun Rusia di St. Petersburg, Rusia, 9 September 2018.
Demonstran membawa poster ketika memprotes rencana reformasi pensiun Rusia di St. Petersburg, Rusia, 9 September 2018.

Para pendukung pemimpin oposisi yang dipenjara, Alexei Navalny, hari Minggu (9/9) kembali melancarkan protes di seluruh Rusia terhadap rencana untuk meningkatkan batas usia pensiun di negara itu. Demonstrasi berlangsung ketika warga Rusia bersiap mengikuti pemilu kawasan.

Navalny sebelumnya dijadwalkan hadir dalam demonstrasi Moskow itu, tetapi bulan lalu ia divonis melanggar undang-undang yang mengatur tentang demonstrasi dan dijatuhi hukuman penjara 30 hari. Navalny mengatakan penahanannya itu dirancang untuk menggagalkan rencananya melangsungkan aksi demonstrasi menentang peningkatan batas usia pekerja untuk mulai menerima uang pensiun mereka.

Namun demikian para pendukung Navalny tetap pada rencana semula untuk melancarkan protes tersebut. Demonstrasi itu belum mendapat ijin pemerintah, sehingga diperkirakan sejumlah demonstran mungkin akan ditangkap.

“Selama 18 tahun, Presiden Putin dan pemerintahnya telah mencuri dari anggaran negara dan menyia-nyiakannya pada proyek-proyek yang tidak berarti apa-apa. Kini uangnya habis dan harus mencuri dari dana pensiunan guna memenuhi kebutuhan,” tulis salah seorang pendukung Navalny di media sosial.

Beberapa tahun ini Navalny telah menjalani sejumlah hukuman penjara, yang berkisar beberapa minggu, karena mengorganisir aksi demonstrasi.

Navalny, yang juga mengorganisir demonstrasi jalanan besar-besaran bertepatan dengan pemilihan kembali Putin pada tahun 2012, dilarang bertarung dalam pemilu presiden Maret lalu karena dituding melakukan kejahatan keuangan, tuduhan yang menurutnya dibuat-buat. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG