Tautan-tautan Akses

Profil Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia


Fans tim Panama merayakan gol tim kesayangan mereka saat nobar laga penyisihan Grup G Piala Dunia antara Tunisia dan Panama, di Panama City, Kamis 28 Juni 2018. Tunisia Menang 2-1.
Fans tim Panama merayakan gol tim kesayangan mereka saat nobar laga penyisihan Grup G Piala Dunia antara Tunisia dan Panama, di Panama City, Kamis 28 Juni 2018. Tunisia Menang 2-1.

Setelah melewati 15 hari dengan kemenangan, cucuran air mata dan kontroversi, laga penyisihan grup berakhir kemarin, Kamis (28/6/2018). Berikut profil kesebelasan yang lolos ke babak 16 besar yang akan mulai memberlakukan sistem gugur seperti dilansir AFP.

1. Kroasia

Kroasia mencetak tiga kemenangan dari tiga laga, termasuk mengandaskan Argentina. Bertengger di puncak grup, Kroasia menjadi tim tertangguh dalam penyisihan grup. Luka Modric menjadi pemain terbaik sepanjang turnamen itu.

2. Belgia

Menang atas Panama dan Tunisia, dan ditutup dengan kemenangan atas Inggris. Belgia masih bisa memenangkan pertandingan terakhir meski bermain dengan pemain lapis kedua karena kesebelasan Setan Merah itu memberikan permainan nyaris sempurna. Romelu Lukaku dan Eden Hazard siap tempur setelah diistirahatkan dalam partai melawan Inggris. Prestasi Belgia bisa panjang di Piala Dunia kali ini.

3. Uruguay

Lolos ke putaran selanjutnya dengan poin maksimum. Prestasi Uruguay di babak penyisihan Grup A nyaris tak mendapat perhatian. Dipimpin oleh Diego Godin yang arogan, Uruguay belum pernah kehilangan gol selama turnamen berlangsung. Selain Godin, Uruguay juga punya Luis Suarez dan Edinson Cavani.

4. Brazil

Permainan Neymar makin membaik di setiap laga. Sementara Neymar proses pemulihan, Philippe Coutinho dan Paulinho mengisi kekosongan. Namun, cedera punggung Marcelo menjadi kekhawatiran.

5. Inggris

Diisi pemain-pemain muda tanpa berharap banyak, Inggris melaju setelah menang atas Rusia dan mengandaskan Panama dengan skor telak 6-1. Dengan dipimpin Harry Kane yang mengincar penghargaan Sepatu Emas untuk pencetak gol terbanyak, Inggris makin percaya diri.

6. Swedia

Tak banyak yang menyangka Swedia akan lolok ke putaran selanjutnya, apalagi sampai menjadi juara Grup F. Hanya gol Tony Kroos di menit ke-95 yang menodai rekor tak terkalahkan. Swedia lalu membalas dengan kemenangan atas Meksiko. Tim ini tampaknya sudah membangun disiplin dan semangat.

7. Spanyol

Spanyol sudah pasti akan lolos saat manajer Julen Lopetegui dipecat dua hari sebelum Piala Dunia dimulai. Tapi prestasi Spanyol sejauh ini belum jelas. Mereka tampil bagus melawan Portugal, namun kesalahan-kesalahan pertahanan dan penampilan David de Gea yang mengkhawatirkan masih jadi tanda tanya. Masih ada ruang untuk perbaikan.

8. Portugal

Di satu sisi, Ronaldo sudah mengantongi empat gol. Dan seperti yang dibuktikan dua tahun lalu, Ronaldo bisa membawa tim Portugal berprestati lebih tinggi. Tapi dalam laga melawan Iran, Ronaldo gagal mengeksekusi penalti dan pertandingan berakhir imbang 1-1. Pertanyaannya, bila Ronaldo absen, lalu apa senjata Portugal.

9. Colombia

Jika Carlos Sanchez tidak dikirim keluar lapangan pada menit ketiga yang membuka kekalahan dari Jepang, Kolombia mungkin jadi salah satu kuda hitam yang harus dipertimbangkan di putaran berikutnya. James Rodriguez tampil mengesankan dalam laga melawan Polandia, tapi terpaksa duduk di bangku cadangan akibat cedera saat melawan Senegal.

10. Meksiko

Meski kalah dari Swedia, Meksiko menunjukkan bahwa mereka cukup menjadi ancaman melalui dua pertandingan pertama. Meksiko mengalahkan Jerman 1-0, tapi seharusnya bisa mencetak empat atau lima gol saat Hirving Lozano menjadi salah satu pemain terbaik sejauh ini.

11. Perancis

Mereka tetap tak terkalahkan. Tapi tanpa memperhitungkan Jerman, tidak ada tim yang lebih mengecewakan. Masalah taktik dan penampilan yang membosankan menunjukkan Didier Deschamps masih mencoba berbagai strategi untuk memanfaatkan secara maksimal pemain-pemin berbakat di skuadnya.

12. Rusia

Awal yang menggelegar, pertandingan kedua yang kuat dan mengecewakan di akhir. Setelah kemenangan atas Arab Saudi dan Mesir, Rusia menghadapi kenyataan saat melawan Uruguay. Namun pasukan tuan rumah membuktikan para pengritiknya bahwa pendapat mereka salah. Rusia membuktikan mereka bukan lawan yang mudah, terutama nanti di Moskow saat menghadapi Spanyol.

13. Swiss

Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri lolos dari ancaman skors setelah keduanya melontarkan reaksi bermuatan politik saat melawan Serbia. Gol mereka membawa cukup untuk membawa Swiss lolos ke babak selanjutnya. Tapi tak lebih.

14. Denmark

Denmark menahan imbang Perancis tanpa gol dan Christian Eriksen terus menunjukkan penampilan sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Itu sisi positifnya. Namun ada laga imbang melawan Australia dan kemenangan atas Peru yang mungkin ceritanya berakhir berbeda bila lawan mereka mencetak gol.

15. Jepang

Jepang menang empat poin dan hanya menang sekali melawan Kolombia yang bermain dengen 10 orang selama 87 menit. Tim Samurai Biru menang poin karena aturan ‘fair play’ saat melawan Senegal. Mungkin terlalu keras untuk mengatakan Jepang bisa melaju sejauh ini karena faktor keberuntungan. Namun pertahanan yang tak solid tak akan membantu saat bertemu lawan yang lebih solid.

16. Argentina

Dipimpin pelatih yang tampak tak punya otoritas, Argentina tertatih-tatih di babak penyisihan. Mereka tampak kebingungan dalam laga melawan Islandia, dikalahkan Kroasia dan lolos berkat kemenangan atas Nigeria. Mereka lolos dan masih punya Lionel Messi. [ft/au]

XS
SM
MD
LG